Bagikan:

Mengenali Tanda Kekerasan Seksual pada Anak

Kenali kekerasan seksual pada anak yang dibahas dalam Podcast What's Trending!

NASIONAL

Senin, 31 Okt 2022 17:00 WIB

Author

Lea Citra

Kekerasan seksual anak

Kekerasan seksual anak

KBR, Jakarta- Wakil Sekjen Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI), Baety Adhayati mengungkapkan, sepanjang 2021 tercatat lebih dari 11.952 kasus kekerasan terjadi pada anak. Mayoritas, merupakan kasus kekerasan seksual.

Besarnya kasus kekerasan seksual, menurut Baety ibarat fenomena gunung es, di mana data yang tersaji saat ini merupakan puncaknya saja. Pasalnya, banyak korban anak di bawah umur yang tidak melapor atau bahkan enggan melapor karena alasan tertentu. Korban juga dinilai takut melapor, dengan alasan diantaranya:

1. Ada ancaman

2. Pelaku merupakan orang yang dekat dengan korban

3. Ada relasi kuasa

4. Stigma negatif dari masyarakat terhadap korban kekerasan seksual

5. Hambatan psikologis seperti takut, malu, perasaan bersalah

6. Korban hamil

Baca juga:

Please, Ikutin Pedoman Media dan Medsos terkait Berita Bunuh Diri!

Kiat Hadapi Resesi 2023 Buat yang Pas-pasan

Baety menambahkan pada kasus kekerasan seksual anak, korban bahkan tidak mengerti kalau dirinya mengalami suatu tindak kejahatan seksual, ada hubungan kasih sayang antara korban dan pelaku, korban belum bisa menceritakan soal peristiwa yang dialami, hingga korban dinikahkan dengan pelaku.

Sedangkan Pendamping psikologi dari Akara Perempuan (Lembaga Pendampingan Bagi Perempuan Korban Kekerasan), Siti Hajar Rahmawat mengungkap beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu korban, yaitu stop blaming, cek dan tanya kondisi korban secara berkala, serta ajak korban untuk mencari bantuan.

Bagi anda para orang tua atau korban kekerasan seksual, jangan takut melapor! Anda bisa langsung hubungi call center Sahabat Perempuan dan Anak milik Kemen PPPA, yaitu SAPA129 atau hotline WhatsApp 08211-129-129.

Untuk mengetahui, seperti apa tanda seorang anak mengalami kekerasan seksual? Kita membahasnya dalam podcast What's Trending KBR di link berikut ini:

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Tergoda Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending