Bagikan:

Korban Banjir Aceh Utara Mulai Terserang Penyakit

Banyak juga di antara mereka yang mengalami luka akibat terkena seng dan pecahan kaca atau beling.

NASIONAL

Jumat, 07 Okt 2022 19:31 WIB

Korban Banjir Aceh Utara Mulai Terserang Penyakit

Petugas kesehatan dan ambulans bersiaga melayani korban banjir di titik pengungsian Kabupaten Aceh Utara, Aceh. Foto : (KBR/Erwin)

KBR, Aceh Utara – Sejumlah korban banjir di Kabupaten Aceh Utara, mulai terserang berbagai penyakit. Seperti gatal, demam, dan batuk. Selain itu, banyak juga di antara mereka yang mengalami luka akibat terkena seng dan pecahan kaca atau beling.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan Aceh Utara Mahzar mengatakan, telah membuka posko kesehatan dan ambulans di titik pengungsian.

"Dalam ini kita utamakan adalah misalnya obat-obatan salap gatal, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), dan kita fokuskan obat pascabanjir,” kata Mahzar kepada KBR, Jumat (7/10/2022).

Baca juga:

Mahzar menambahkan, sudah berkoodinasi dengan Dinkes Pemprov Aceh untuk bantuan tambahan obat-obatan. Sebab, warga yang terserang penyakit terus bertambah.

Dengan begitu, dia berharap stok tetap memadai saat melayani keluhan penyakit di titik pengungsian.

"Setiap hari armada ambulans keliling di setiap titik pengungsian, walaupun hanya dengan menyediakan meja seadanya bersifat darurat sementara. Mengingat, ada beberaa puskesmas yang ikut terendam banjir. Seperti di Lhoksukon, Matangkuli, Pirak Timu, dan beberapa lain sekitarnya,” lanjut Mahzar.

Satu Tewas

Seorang warga Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, tewas akibat terjebak di lokasi banjir, kemarin. Warga bernama Rukayah berusia 72 tahun itu, sempat dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Cut Mutia (RSUDCM) Aceh Utara.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan korban mengembuskan napas terakhirnya saat di perjalanan.

Baca juga: Pascatembok Roboh, Pemerintah Akan Perbaiki Bangunan MTsN 19 Pondok Labu

"Meninggalnya meninggal banjir, tapi meninggal karena orang sakit yang terjebak banjir saat dibawa ke rumah sakit. Itu ada satu orang di daerah Cot Girek," kata Ilyas usai memantau banjir bersama Muspida plus Kabupaten Aceh Utara, Jumat (7/10/2022).

Ilyas menambahkan, jumlah pengungsi banjir di Kabupaten Aceh Utara mencapai 41 ribu jiwa. Ada 80 titik pengungsian yang tersebar di 130-an desa.

Banjir menerjang sejumlah wilayah di Aceh Utara sejak awal pekan. Ketinggian air bervariasi, ada yang mencapai 1-2 meter.

Editor: Wahyu S.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Episode 2: Apa yang Bisa dilakukan Media dalam Kampanye Pencegahan Kekerasan Seksual?

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending