NASIONAL

Kongres MAN VI Bakal Dihadiri Pimpinan Masyarakat Adat dari Beberapa Negara

"Kongres MAN VI juga akan dihadiri berbagai elemen pendukung gerakan masyarakat adat di dalam dan luar negeri."

Kongres MAN VI Bakal Dihadiri Pimpinan Masyarakat Adat dari Beberapa Negara
Ilustrasi: Forum Peduli Masyarakat Adat saat menggelar Aksi Unjuk Rasa di PTUN Jayapura tahun lalu, terkait perusahaan sawit. (Foto: Nesta Makuba/jeratpapua)

KBR, Jayapura- Pimpinan masyarakat adat dari beberapa negara Asia Tenggara dijadwalkan menghadiri Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN VI) di Kabupaten dan Kota Jayapura, Papua, pada 24-30 Oktober 2022.

Sekjen Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Rukka Sombolinggi mengatakan pimpinan masyarakat adat dari beberapa negara Asia Tenggara yang dipastikan hadir di antaranya dari Malaysia, Nepal, dan Kamboja.

Menurutnya, KMAN VI juga akan dihadiri berbagai elemen pendukung gerakan masyarakat adat di dalam dan luar negeri.

"(Yang akan hadir) Wakil Sekjen Organisasi Regional di di tingkat Asia yang anggotanya ada di 17 negara Asia, terdiri dari organisasi-organisasi masyarakat adat, termasuk AMAN. Kemudian ada juga sekjen dari masyarakat adat di Nepal, kemudian sekjen masyarakat adat se-Malaysia juga hadir, juga hadir dari Kamboja. Kita masih menunggu yang dari Filipina," kata Rukka Sombolinggi, Minggu petang (23/10/2022).

Baca juga:

Sekjen AMAN, Rukkan Sombolinggi menjelaskan ada berbagai agenda yang akan dibahas dalam sarasehan kongres kali ini. Salah satu pembahasan utama, berkaitan dengan keberlangsungan masyarakat adat di seluruh Indonesia, dan mendorong disahkannya RUU Masyarakat Adat oleh DPR dan pemerintah.

Menurutnya, pembahasan keberlangsungan masyarakat adat dan mendorong pengesahan RUU Masyarakat Adat menjadi penting, sebab selama ini masih banyak masyarakat adat yang belum mendapatkan hak-haknya.

Kata dia, pembahasan tidak hanya dilakukan saat saraseran, tetapi juga dilakukan ketika digelar dialog umum dengan berbagai pihak, termasuk penyelenggara pemerintahan saat pembukaan acara, Senin, 24 Oktober 2022.

Beberapa perwakilan pemerintah yang dijadwalkan hadir saat pembukaan KMAN VI di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura, di antaranya, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid, Deputi V KSP, Jaleswari Pramodhawardani.

Sedangkan dari parlemen yang akan hadir adalah Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar, Cucun Syamsulrijal dari Komisi III DPR, Hasanuddin Wahid dari Komisi X DPR RI, Daniel Johan dari Komisi IV DPR RI, dan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik.

Editor: Sindu

  • Kongres MAN VI
  • KMAN VI
  • Masyarakat Adat
  • AMAN
  • Aliansi Masyarakat Adat Nusantara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!