NASIONAL

Kendalikan Inflasi, Pemerintah Akan Revisi Perpres Cadangan Pangan

"Pemerintah tengah merevisi Peraturan Presiden (Perpres) pengelolaan cadangan pangan pemerintah sebagai upaya pengendalian inflasi."

Pencanangan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sulawesi Selatan, Senin (24/10/22).

KBR, Jakarta - Pemerintah tengah merevisi Peraturan Presiden (Perpres) pengelolaan cadangan pangan pemerintah sebagai upaya pengendalian inflasi.

Menurut Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilitas Pangan, Badan Pangan Nasional BI, I Gusti Ketut Astawa, revisi Perpres bertujuan agar Perum Bulog menyerap hasil panen petani dan memenuhi kebutuhan cadangan pangan pemerintah.

“Oleh karena itu kami sedang menata dengan pembenahan Perpres cadangan pangan yang sudah ada di Bapak Presiden," katanya dalam Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sulawesi Selatan, Senin (24/10/22).

Astawa menjelaskan, di tahap awal, ada tiga komoditas yang akan ditata pemerintah, yaitu beras, jagung dan kedelai.

"Kemudian kita akan tata berikutnya sehingga beras, jagung, kedelai ini harus dimiliki dan dikuasai oleh nantinya untuk mengendalikan harga,” jelasnya.

Astawa mengungkapkan, pemerintah harus menguasai dan mengelola cadangan pangan sebagai amanah Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

“Dan ini akan digunakan untuk KPSA dan lain sebagainya. Tanpa ditambah ini sangat tipis cadangan pangan pemerintah kita khususnya di bidang beras. Lain-lainnya kita tidak memiliki cadangan pangan sebenarnya,” imbuh I Gusti Ketut Astawa.

Berita terbaru:

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta agar program pengintensifan lahan sebagai lumbung pangan atau food estate dilakukan maksimal.

"Cadangan-cadangan lahan kita di Kalimantan, Sumatera Utara, Papua, Maluku harus menjadi bagian-bagian dari strategi kita dan di sana Presiden mengarahkan food estate agar bisa dilakukan lebih maksimal,” kata Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, saat menyampaikan pesan Presiden Jokowi, Selasa (04/09/2022) lalu.

Syahrul mengklaim, pemerintah akan terus mengintensifkan lahan pertanian di berbagai daerah untuk menjaga ketahanan pangan nasional. 

“Kelihatannya memang ini membutuhkan konsentrasi-konsentrasi untuk kita buat cadangan-cadangan lahan baru di beberapa tempat untuk mengantisipasi itu,” pungkasnya.

Editor: Kurniati Syahdan

  • Inflasi
  • perpres cadangan pangan
  • bank indonesia
  • kendalikan inflasi
  • komoditas cadangan pangan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!