Bagikan:

Jokowi: Sebentar Lagi Pandemi COVID-19 Berakhir

Mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir.

NASIONAL

Senin, 03 Okt 2022 19:14 WIB

Author

Heru Haetami

Jokowi: Sebentar Lagi Pandemi COVID-19 Berakhir

Presiden Jokowi (kanan) menerima kunjungan Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus di Istana Merdeka, Jakarta. BPMI Setpres/Muchlis

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyampaikan kemungkinan akan dicabutnya status pandemi COVID-19 dalam waktu dekat. Itu disampaikan Jokowi dalam Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di Jakarta, pagi tadi.

“Pandemi (COVID-19) memang sudah mulai mereda, mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir,” ujar Presiden.

Jokowi telah meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk berkonsultasi dengan Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengenai status pandemi COVID-19.

Baca juga: Penanganan COVID-19 Indonesia, Dirjen WHO Apresiasi Jokowi

“Pak Presiden meminta saya konsultasi dengan Dirjen WHO. Dirjen WHO bilang, kalau ada kebijakan-kebijakan lokal mengenai pengurangan pengetatan dari protokol kesehatan bisa dilakukan,” ujar Menkes di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, usai mengikuti rapat yang dipimpin oleh Presiden Jokowi, Senin (3/10/2022).

Menkes menyebut, WHO merupakan pihak yang berwenang untuk menyatakan pencabutan status pandemi COVID-19.

“Khusus mengenai pandemi ini, karena ini sifatnya dunia nanti WHO yang akan memberikan timing-nya kapan. Itu kan pandemi itu di WHO ada namanya Public Health Emergency of International Concern (PHEIC), itu nanti biasanya kapan dicabutnya, dia (WHO, red) yang akan meresmikan,” ujar Budi.

Parameter Melandai

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengatakan, Indonesia saat ini tengah bersiap untuk menuju endemi. Hal ini didasarkan pada parameter penilaian COVID-19 yang terus melandai. Mulai dari angka kasus hingga penggunaan tempat tidur perawatan COVID-19 yang menurun.

Saat ini rata-rata kasus harian COVID-19 berkisar di angka 2 ribuan. Positivity rate atau rasio positif mingguan berada di angka 6,3 persen dalam minggu terakhir. Kasus kematian juga mengalami penurunan menjadi rata-rata di bawah 20 per hari.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Berakhir? Jokowi: Tak Usah Tergesa-gesa

Meskipun parameter penilaian terus melandai, Syahril meminta masyarakat tetap waspada.

“Kesiapan masyarakat untuk tetap waspada termasuk betul-betul menyiapkan langkah kita menuju endemi, paling penting dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, termasuk disiplin memakai masker,” ucap Syahril, Jumat (3/10/2022).

Editor: Wahyu S.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Menyongsong Terbitnya Rupiah Digital

Episode 4: Relasi Kuasa: Akar Kekerasan & Pengaturannya Dalam UU TPKS

Kabar Baru Jam 7

Bagaimana Stok dan Stabilitas Harga Pangan Jelang Nataru?

Kabar Baru Jam 8

Most Popular / Trending