Bagikan:

Hindari Celaka Musim Hujan, Apa yang Perlu Ekstra Diwaspadai Pengendara?

Kelalaian pembangunan tata kota bisa bikin nyawa melayang

NASIONAL

Kamis, 20 Okt 2022 17:27 WIB

Author

Lea Citra

Buruknya tata kota sebabkan nyawa melayang

Buruknya tata kota sebabkan nyawa melayang

KBR, Jakarta- Memasuki musim hujan, kita perlu kewaspadaan ekstra khususnya saat berkendara di jalan raya. Masih ingat dengan kasus meninggalnya seorang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Adzra Nabila yang terseret arus banjir di Jalan Dadali, Kecamatan Tanah Sareal pada 11 Oktober lalu? Adzra terseret arus hingga dia terjatuh dan terdorong masuk ke drainase. Akhirnya korban ditemukan pada radius 80 kilometer dari lokasi kejadian, yaitu di aliran sungai Ciliwung, tepatnya di Kali Banjir Kanal Barat, Tambora.

Peristiwa ini mengingatkan kita akan buruknya tata kota di Indonesia. Padahal Menteri Pekejaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur harus bisa mengakomodasi kondisi kebencanaan di Indonesia, sehingga dapat menghasilkan infrastruktur yang tangguh dan bisa mengurangi risiko bencana. Kenapa infrastruktur Indonesia harus tangguh? Karena, penguatan faktor keselamatan dalam membangun itu bisa mengantisipasi, sekaligus merespon resiko terhadap banjir atau Rob.

Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga menilai perlu dilakukan audit terkait aspek kemanan di tata kota daerah rawan bencana atau cuaca buruk.

"Secara umum memang yang menjadi perhatian saya, perlu adanya audit infrastruktur. Nah untuk infrastruktur ini sebenarnya, masing-masing pemerintah daerah tentu harusnya melakukan, bagaimana kondisi infrastruktur masing-masing daerah tadi itu aman atau tidak, kuat atau tidak dalam menghadapi bencana, terutama banjir. Ini yang sering kali terlewatkan, memang kita seringkali membangun, merawat, memelihara, tapi begitu mengecek kesiapannya. Ini yang seringkali terlewatkan. Padahal di tengah bencana seperti sekarang, justru infrastruktur-infrastruktur itu menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana," ujar Nirwono.

Baca juga:

Kiat Hadapi Resesi 2023 Buat yang Pas-pasan

Cek Fakta: Logo Dengan Narasi soal Halal MUI Pada Makanan Mengandung Babi?

Pemujaan Idol sampai Segitunya

Berdasarkan laman pusat krisis Kementerian Kesehatan, berikut tips berkendara aman saat musim hujan :

1. Periksa semua lampu kendaraan, apakah semua dapat berfungsi dengan baik

2. Periksa kondisi tekanan udara ban dan kedalaman alur ban secara rutin minimal seminggu sekali

3. Periksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan. Yaitu kemudi, pedal, rem, gas maupun kopling

4. Menggunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendaraan.

5. Kurangi kecepatan dalam mengendarai kendaraan karena pada saat hujan permukaan jalan yang licin bercampur dengan oli akan mengakibatkan ban kendaraan tidak stabil

6. Jaga jarak aman kendaraan dengan pengendara lain.

7. Jangan sembarang menerobos genangan air, karena kita tidak tahu kedalaman dari genangan tersebut

8. Apabila terjebak banjir dan kendaraan mogok karena air masuk ke saluran pembuangan gas kendaraan, pengendara diharapkan jangan langsung menghidupkan mesin kembali.

Selain memperhatikan soal keamanan, bisakah kita menuntut pemerintah ke pengadilan karena lalai dalam merencanakan pembangunan kota dan tidak memperhatikan keamanan? Yuk, langsung aja kita simak lewat podcast What's Trending KBR, berikut ini:

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Tergoda Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending