Bagikan:

Hadapi Resesi Global dengan Penguatan UMKM

"Siapkan pelaku-pelaku UMKM yang tahan banting. Dalam kondisi apapun kita harus survive. Unsur kedua adalah pemangku kebijakan, pemerintah. Sekali lagi seberapa serius pemerintah mau mendorong"

NASIONAL

Rabu, 12 Okt 2022 17:50 WIB

Hadapi Resesi Global dengan Penguatan UMKM

ilustrasi pameran UMKM. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero mengingatkan peran pemerintah memperkuat usaha kecil menengah, agar kuat menghadapi gejolak ekonomi global.

"Bahwa resesi dunia itu sudah mulai. Di dunia itu sudah luar biasa tingkat inflasi. Bahwa itu akan masuk ke Indonesia, yes (iya, red). Bagaimana kita mengantisipasi? Satu, siapkan pelaku-pelaku UMKM yang tahan banting. Dalam kondisi apapun kita harus survive. Unsur kedua adalah pemangku kebijakan, pemerintah. Sekali lagi seberapa serius pemerintah mau mendorong, memberikan ruang agar belanja negara itu bisa menyerap 40 persen kepada UMKM," jelas Edy saat dihubungi KBR, Rabu (12/10/22).

Edy Misero juga meminta UMKM adaptif di segala keadaan, termasuk perkembangan ekonomi yang terjadi di dunia. UMKM, lanjutnya, harus memiliki ketahanan yang kuat agar bisa mempertahankan usahanya.

"Di dalam menata keuangannya, seberapa profit margin yang masih bisa didapatkan. Berapa yang bisa dikonsumsi. Nah ini lah yang paling utama menurut saya," ucapnya.

Pilihan redaksi:

Edy mengakui, gejolak ekonomi global dan ancaman resesi dunia akan berdampak pada seluruh sektor UMKM .

"Semua sektor, tidak ada yang paling terdampak. Semua sektor akan terdampak. Khususnya, ya kalau kita mau bicara lebih mikro ya. Para pedagang mikro ya. Yang tadinya bisa dia jual misalnya nasi goreng di pinggir jalan 50 porsi, mungkin sekarang dengan kondisi resesi nanti akan cuma 20 porsi. Bagaimana dia bisa bertahan dengan 20 porsi? Untuk menghidupkan dia, keluarga, istri dan anak-anaknya," lanjutnya.

Karenanya, Akumindo meminta pemerintah serius memberikan dukungannya kepada UMKM di Tanah Air.

"Memberikan ruang agar belanja negara itu bisa menyerap 40 persen kepada UMKM. Sesuai aturan, ruang-ruang kemudahan untuk mendapatkan fasilitas permodalan tetap terbuka dengan peraturan yang sudah disiapkan," imbuh Edy Misero.

Editor: Kurniati Syahdan

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Episode 2: Apa yang Bisa dilakukan Media dalam Kampanye Pencegahan Kekerasan Seksual?

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending