Bagikan:

FIFA Pastikan Piala Dunia U-20 di Indonesia Akan Berjalan Baik

Presiden FIFA, Giovani Vicenzo Infantino atau Gianni Infantino, menyebut Piala Dunia U-20 FIFA merupakan kompetisi terpenting sepak bola putra setelah Piala Dunia yang akan segera digelar di Qatar mul

NASIONAL

Selasa, 18 Okt 2022 20:06 WIB

FIFA Pastikan Piala Dunia U-20 di Indonesia Akan Berjalan Baik

Presiden Jokowi (kanan) berjabat tangan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino saat bertemu di Istana Negara, Jakarta, Selasa (18/10/2022). ANTARA/Hafidz Mubarak

KBR, Jakarta- Pemerintah Indonesia bersama Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) bersepakat untuk memastikan pertandingan Piala Dunia U-20 FIFA yang akan digelar di Indonesia pada 2023 berjalan baik.

Presiden FIFA, Giovani Vicenzo Infantino atau Gianni Infantino, menyebut Piala Dunia U-20 FIFA merupakan kompetisi terpenting sepak bola putra setelah Piala Dunia yang akan segera digelar di Qatar mulai 20 November 2022.

Karena itu, menurut Gianni, diperlukan stadion-stadion terbaik agar pertandingan Piala Dunia U-20 bisa berjalan baik.

"Kami ingin memperlihatkan citra Indonesia kepada dunia. Citra Indonesia di mata dunia bukanlah sebuah negara yang memiliki tragedi di stadion, tapi negara yang memiliki visi masa depan, memiliki populasi muda yang menggemari sepak bola, dan negara yang ingin merayakan dan menyajikan sepak bola kepada dunia," ujar Presiden FIFA, Selasa, (18/10/22).

Presiden FIFA menambahkan, Piala Dunia U-20 juga merupakan kesempatan untuk promosi bagi Indonesia.

"Dimulai dari sekarang sampai turnamen nanti, sampai setelah Piala Dunia, kami akan memastikan Indonesia tak hanya negara yang kuat dari sudut pandang ekonomi dengan menggelar pertemuan G20, namun juga menjadi pusat sepak bola di kawasan ini, dan dari sini akan membuat sepak bola terus berkembang ke seluruh dunia," tandasnya.

Presiden Gianni menilai Indonesia merupakan negara sepak bola. Yakni, negara dengan populasi hampir 300 juta jiwa yang mencintai sepak bola.

Untuk itu, FIFA dan pemerintah Indonesia sepakat untuk bekerja sama dan fokus pada pembenahan sejumlah hal terkait sepak bola, termasuk operasional stadion.

Jokowi Bertemu Presiden FIFA

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 18 Oktober 2022. Topik pembahasan yang dibahas antara lain soal sepak bola di Indonesia, setelah Tragedi Kanjuruhan, Malang, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Kata Jokowi, dalam kesempatan itu, presiden FIFA juga menyampaikan rasa duka dan simpati mendalam kepada keluarga korban, serta mengungkapkan kepeduliannya atas tragedi yang terjadi.

"Kami bersepakat bahwa tragedi ini menjadi pelajaran yang sangat penting bagi persepakbolaan Indonesia dan juga bagi dunia sepak bola. Dan jangan sampai kejadian ini terulang kembali, jangan sampai kegembiraan penonton pertandingan sepak bola berujung pada duka dan malapetaka," ujar Jokowi saat konferensi pers bersama Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, (18/10/2022).

Presiden menambahkan, pemerintah Indonesia dan FIFA bersepakat untuk melakukan transformasi sepak bola nasional secara menyeluruh, termasuk menjamin keamanan dan keselamatan penonton.

"Untuk itu kita sepakat mengkaji kembali kelayakan stadion dan juga menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain," imbuhnya.

Selain itu, pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia juga akan dikaji bersama dengan FIFA.

Baca juga:

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Tergoda Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending