NASIONAL

BPOM Temukan Ratusan Obat Tradisonal dan Vitamin Berbahaya Senilai Rp27 Miliar

"Obat dan vitamin itu mengandung Bahan Kimia Obat (BKO) dan bahan berbahaya terlarang."

Muthia Kusuma

BPOM Temukan Ratusan Obat Tradisonal dan Vitamin Berbahaya Senilai Rp27 Miliar
Petugas BPOM Gorontalo menunjukkan obat tradisional yang mengandung bahan berbahaya di Kota Gorontalo, Senin (19/9/2022). ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

KBR, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan ratusan obat tradisional dan vitamin kesehatan berbahaya senilai Rp27,8 miliar. Deputi bidang Pengawasan Obat Tradisional BPOM Reri Indriani mengatakan, obat dan vitamin itu mengandung Bahan Kimia Obat (BKO) dan bahan berbahaya terlarang.

Itu diketahui dari hasil pengawasan dan pengujian sejak Oktober 2021 hingga Agustus 2022. Setidaknya ada 650 item yang terdata.

"Badan POM melakukan pengawasan secara online melalui platform situs media sosial dan e-commerce, ditemukan sejumlah 25,6 juta pcs obat tradisional dan suplemen kesehatan ilegal dan atau mengandung BKO senilai 515,37 miliar pada 82.995 link atau tautan penjualan," ucap Reri dalam konferensi pers daring, Selasa, (4/10/2022).

Baca juga:

Reri Indriani menambahkan, Badan POM juga menemukan lebih 1 juta item kosmetik ilegal mengandung bahan pewarna terlarang. Kosmetik ilegal berpewarna merah K3 dan K10 itu dapat menyebabkan kanker.

Adapun nilai keekonomian dari kosmetik ilegal itu sekira lebih dari Rp34 miliar.

Atas temuan itu, BPOM telah memberikan sanksi administratif. Mulai dari sanksi rekomendasi kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menurunkan konten itu, hingga pada penegakan hukum.

Editor: Wahyu S.

  • BPOM
  • badan POM
  • obat berbahaya
  • vitamin ilegal

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!