NASIONAL

Audit Rampung, PUPR Soroti Tangga Tribun Kanjuruhan

"Saat aman mungkin tidak apa-apa, tapi kemarin terjadi kepanikan pasti jatuh, jatuh satu semua jatuh. "

Audit Rampung, PUPR Soroti Tangga Tribun Kanjuruhan
TGIPF melakukan investigasi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (7/10/2022). (Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

KBR, Malang - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merampungkan proses audit Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Audit dilakukan atas perintah Presiden Jokowi, menyusul insiden yang menewaskan 132 orang pada 1 Oktober lalu. Salah satu yang disorot dalam poin rekomendasi adalah tidak adanya tangga di tribun penonton ekonomi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, audit dilakukan oleh Komite Kehandalan Bangunan Gedung yang beranggotakan para pakar bangunan, struktur, dan arsitektur. Rekomendasi akan disampaikan kepada Tim Gabungan Independen Pencari fakta (TGIPF) dan dilaporkan ke Presiden Joko Widodo.

    “Tangga-tangga tribun, tangga tribun di ekonomi tidak ada tangganya, langsung tempat duduk. Saat aman mungkin tidak apa-apa, tapi kemarin terjadi kepanikan pasti jatuh, jatuh satu semua jatuh. Itu mungkin yang utama. Yang ketiga tidak ada pintu darurat, yang ada pintu servis. Yang enam pintu untuk masuk ambulan dan pemadam kebakaran," kata Basuki dalam konferensi pers di Malang, Kamis (13/10/2022).

    Baca juga:

    Basuki menambahkan, sorotan lain adalah pintu keluar yang tidak layak. Menurut dia, ketiga poin ini menjadi penyebab utama jatuhnya korban jiwa dalam insiden itu.

    Basuki melanjutkan, rekomendasi lain berupa toilet, penerangan yang tidak layak dan tidak memenuhi standar, serta pagar pembatas antara tribun dengan lapangan yang mudah diterebos.

    Rekomendasi ini akan dijadikan acuan rehabilitasi stadion agar layak dan bisa digunakan untuk kompetisi sepak bola. Proyek pengerjaan stadion dimulai tahun depan dengan anggaran semua ditanggung pemerintah pusat.

    Editor: Wahyu S.

    • audit stasion kanjuruhan
    • korban tewas kanjuruhan
    • Stadion Kanjuruhan
    • TGIPF kanjuruhan
    • Sepak bola
    • pupr

    Komentar (0)

    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!