NASIONAL

127 Meninggal, Komdis PSSI: Arema Bisa Dihukum Tak Bisa Jadi Tuan Rumah

""Arema bisa jadi dalam sisa pertandingan kompetisi BRI Liga 1 musim ini tidak diperkenankan menjadi tuan rumah. Selain itu sanksi lainnya juga menanti,’’"

Rony Sitanggang

127 penonton meninggal
127 meninggal, penonton turun ke lapangan usai Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/22). (Antara/Ari Bowo)

KBR, Jakarta - Ketua Komite Disiplin (Komdis) PSSI, Erwin Tobing sangat menyesalkan kericuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang kemudian merembet di area di sekitar stadion. 

Kericuhan terjadi setelah laga antara Arema FC dan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) berakhir dengan skor 2-3 untuk kemenangan Persebaya. Usai laga, ribuan Aremania mengamuk di dalam dan di luar stadion karena tim kesayangan mereka takluk dari Persebaya.

"Setelah mendapat laporan dari PT Liga Indonesia Baru, kami segera menyidangkan kasus ini. Arema bisa jadi dalam sisa pertandingan kompetisi BRI Liga 1 musim ini tidak diperkenankan menjadi tuan rumah. Selain itu sanksi lainnya juga menanti,’’ kata Erwin, Sabtu (1/10/2022).

Erwin belum bisa memastikan berapa korban yang meninggal atau terluka dalam insiden ini. Namun, jika ada korban yang meninggal itu sudah menjadi ranah pidana dan akan ditindaklanjuti oleh kepolisian. 

"Kita dukung aparat Kepolisian untuk menindaklanjuti insiden ini. Siapapun yang salah harus dihukum," tambahnya.

Baca juga:

Tim Investigasi

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan akan mengirim tim investigasi insiden di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

"PSSI menyesalkan tindakan suporter Aremania di Stadion Kanjuruhan. Kami berduka cita dan meminta maaf kepada keluarga korban serta semua pihak atas insiden tersebut. Untuk itu PSSI langsung membentuk tim investigasi dan segera berangkat ke Malang," kata Iriawan melalui keterangan tertulis, Minggu (2/10/2022).

Iriawan menambahkan bahwa PSSI mendukung pihak kepolisian untuk menyelidiki kasus ini. Apalagi kejadian ini sangat mencoreng wajah sepak bola Indonesia. 

Editor: Agus Lukman

  • Kapolda Jawa Timur Nico Afinta
  • 127 meninggal
  • Arema
  • Persebaya
  • PSSI
  • Mochamad Iriawan
  • Stadion Kanjuruhan
  • Komdis

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!