covid-19

Smelter Freeport Gresik Akan Hasilkan 35 Ton Emas per Tahun

Proyek pembangunan smelter akan menyerap sedikitnya 40 ribu tenaga kerja dari berbagai sektor.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 12 Okt 2021 17:25 WIB

Smelter Freeport Gresik Akan Hasilkan 35 Ton Emas per Tahun

Groundbreaking Smelter PT Freeport Indonesia, Gresik. Oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (12/10/2021). Foto: Setpres

KBR, Jakarta- Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan smelter PT Freeport Indonesia yang dibangun di Gresik, Jawa Timur akan menghasilkan 35 ton emas per tahun. Kata dia, investasi dalam proyek tersebut mencapai Rp42 triliun, dan diperkirakan menyerap sedikitnya 40 ribu tenaga kerja dari berbagai bidang.

Hal itu disampaikan Erick saat mendampingi Presiden Joko Widodo, meresmikan groundbreaking smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Selasa (12/10).

"Yang fungsinya tidak lain sebagai fasilitas pemurnian tembaga untuk menghasilkan katoda tembaga dan juga fasilitas pemurnian logam berharga menghasilkan emas perak dan tentu logam berharga lainnya sehingga nanti kita bisa menghasilkan rata-rata produksi 35 ton daripada emas per tahun yang nilai transaksinya kurang lebih 30 triliun," kata Erick pada acara groundbreaking smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10/2021).

Menteri BUMN Erick mengklaim, setelah Indonesia menguasai 51 persen saham Freeport, pertumbuhan pendapatan Freeport tahun ini meningkat pesat, sampai 100 persen dibandingkan tahun lalu. Menurutnya, hal ini dikarenakan ada peningkatan kapasitas produksi Freeport dan juga kenaikan harga tembaga, serta efisiensi yang terus dilakukan.

"Yang tahun kemarin itu Rp50 triliun tahun ini Desember rencananya Rp105 triliun lalu juga keuntungan bersih yang tahun kemarin itu 10 triliun direncanakan sampai Desember ini Rp40 triliun," imbuhnya.


Baca juga:

Sementara itu, usai peletakan batu pertama pembangunan smelter PT Freeport Indonesia, Presiden Joko Widodo meminta agar pemanfaatan potensi tambang yang besar dipergunakan sebaik mungkin.

"Potensi yang sangat besar ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, dengan menciptakan nilai tambah yang setinggi-tingginya bagi ekonomi kita," ujar Jokowi, saat meresmikan peletakan batu pertama smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur, Selasa, (12/10/2021).

Editor: Dwi Reinjani

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Semai Toleransi ala Anak Muda Bandung