covid-19

PPKM Kembali Diperpanjang, Pemerintah Genjot Capaian Vaksinasi Covid-19

Guna menggenjot pencapaian vaksinasi itu, pemerintah pusat akan mengirim 2 juta vaksin ke daerah-daerah tersebut.

BERITA | NASIONAL

Senin, 04 Okt 2021 16:11 WIB

PPKM diperpanjang

Presiden Joko Widodo (tengah) menyapa pelajar dan warga yang mengantre untuk melakukan vaksin Covid-19 di Sorong, Papua Barat. (FOTO: ANTARA/Olha Mulalinda

KBR, Jakarta - Pemerintah melalui Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Perpanjangan PPKM itu terhitung sejak 5 hingga 18 Oktober mendatang. Perpanjangan PPKM itu didasari oleh jumlah kasus harian Covid-19 di tanah air dan pencapaian vaksinasi Covid-19 di sejumlah daerah.

"Perpanjangan PPKM luar Jawa diusulkan untuk 2 minggu ke depan, yaitu tanggal 5 sampai dengan 18 dengan cakupan adalah 6 kabupaten kota sebelumnya adalah 10 kabupaten kota Yaitu di Kabupaten Pidie, Kabupaten Bangka, Kota Padang, Kota Banjarmasin, Kabupaten Bulungan, dan Kota Tarakan," ujar Airlangga dalam konferensi pers daring, Senin (04/10/2021).

Baca juga:

LaporCovid-19 Dorong Pemerintah Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto mengungkap, ada perbaikan level PPKM di sejumlah daerah.

Menko Perekonomian ini menjelaskan, PPKM level 3 kini hanya berlaku di 44 kabupaten kota, dari sebelumnya 108 kabupaten kota. Lalu, PPKM level 2 meningkat 292 kabupaten kota, dari sebelumnya 249 kabupaten kota. Kemudian, PPKM level 1 berlaku di 44 kabupaten kota, dari sebelumnya di 18 kabupaten kota.

Airlangga menambahkan, terkait dengan jenis pembatasan kegiatan masyarakat masih tetap sama dengan periode sebelumnya. Sementara, khusus pengendalian pembelajaran tatap muka, tetap mengacu pada surat keputusan bersama (SKB) menteri empat menteri terkait akselerasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Baca Juga:

Sementara itu, Menteri Koordinator Kemartiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap, PPKM di Jawa-Bali juga di perpanjang. Pada periode ini, kawasan aglomerasi Jabodetabek masih berada di PPKM level 3.

Luhut beralasan, di sejumlah itu daerah masih belum memenuhi target vaksinasi Covid-19. Guna menggenjot pencapaian vaksinasi itu, pemerintah pusat akan mengirim 2 juta vaksin ke daerah-daerah tersebut.

Editor: Muthia Kusuma Wardani

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ramai Cukai Rokok Mau Naik, Apa Kata Pakar dan DPR?