covid-19

Polri Janji Kedepankan HAM saat Bertugas di Lapangan

Pertemuan itu digelar dalam rangka penguatan pengawasan eksternal dalam aspek HAM.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 19 Okt 2021 17:17 WIB

Polri Janji Kedepankan HAM saat Bertugas di Lapangan

Ilustrasi anggota Polri. Foto: Tribratanews.polri.go.id

KBR, Jakarta- Mabes Polri mengklaim terus berkomitmen menjaga Hak Asasi Manusia (HAM) dalam menjalankan tugas di lapangan. Hal itu disampaikan Kepala Divisi Propam Polri Ferdy Sambo, saat berkunjung ke Kantor Komnas HAM, Selasa, 19 Oktober 2021. Pertemuan itu digelar dalam rangka penguatan pengawasan eksternal dalam aspek HAM.

"Kami menegaskan kembali komitmen Polri untuk selalu menjaga penegakan hak asasi manusia dalam pelaksanaan tugas dan wewenang yang dilakukan oleh anggota-anggota di lapangan. Hal ini sejalan dengan program Presisi Bapak Kapolri yaitu prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan yang sama-sama kami usung di kepemimpinan Bapak Kapolri saat ini," kata Sambo di Kantor Komnas HAM, Selasa, (19/10/2021).

Baca juga:

Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo menambahkan, kepolisian bersama Komnas HAM juga melakukan evaluasi pengawasan yang selama ini berjalan. Kata dia, Polri ingin meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pengawasan, sehingga kepercayaan masyarakat bisa membaik.

Dia juga mengajak masyarakat mengadukan jika menemukan ketidakprofesionalan atau dugaan pelanggaran yang dilakukan polisi lewat aplikasi Dumas Presisi.

Sebelumnya, institusi kepolisian mendapat sorotan usai anggotanya membanting pengunjuk rasa di Tangerang. Komnas HAM menilai tindakan itu berpotensi melanggar HAM.

Sorotan juga datang dari LSM KontraS yang menilai masih ada tindakan represif dan brutalitas aparat, utamanya saat menghadapi aksi massa.

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Toilet Sehat untuk Semua, Sudahkah Terpenuhi?