BERITA

Neraca Dagang September 2021 Kembali Surplus, Capai USD4 Miliar Lebih

"Hal ini karena ekspor kita di bulan September ini tercatat 20,60 miliar US dolar dan impornya 16,23 miliar US dolar"

Astri Septiani

Neraca Perdagangan Indonesia Surplus
Ilustrasi sektor migas yang menjadi salah satu potensi ekspor indonesia. (Foto: Setkab.go.id)

KBR, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia September 2021 mengalami surplus USD4,37 miliar atau senilai Rp62 miliar. Kepala BPS, Margo Yuwono menyatakan, hasil itu membuat Indonesia surplus neraca dagang selama 17 bulan berturut-turut.

Secara kumulatif, Indonesia mencatat surplus sebesar USD25,07 miliar pada periode Januari-September 2021. Capaian itu masih lebih besar dibanding periode yang sama tahun lalu, sebesar USD13,35 miliar.

"Hal ini karena ekspor kita di bulan September ini tercatat 20,60 miliar US dolar dan impornya 16,23 miliar US dolar. Sekali lagi surplusnya adalah 4,37 miliar US dolar," kata dia saat konferensi pers daring (15/10/21).

Baca juga:

Kepala BPS, Margo Yuwono merinci, sejumlah komoditas yang menyumbang capaian ekspor. Diantaranya komoditas nonmigas yaitu bahan bakar mineral, lemak dan minyak hewan atau nabati serta besi dan baja.

Sementara negara yang memberi andil besar terhadap surplus September adalah Amerika, India dan Filipina.

Editor: Muthia Kusuma Wardani

  • neraca perdagangan
  • neraca dagang surplus
  • Badan Pusat Statistik

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!