BERITA

Menkeu Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 4 Persen pada 2021

pertumbuhan ekonomi tahun 2021

KBR, Jakarta- Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia masih akan naik pada kuartal III-2021. Optimisme ini didasarkan pada membaiknya kinerja perekonomian nasional. Hal itu terjadi akibat menurunnya kasus Covid-19 di tanah air. Kondisi itu membuat pemerintah melonggarkan pembatasan mobilitas masyarakat.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi kuartal III-2021 bisa mencapai lebih dari 4 persen. Kata dia, kinerja ekonomi Indonesia diperkirakan menunjukkan pemulihan secara bertahap. 

"Memang dibanding kuartal II menurun. Tetapi kalau dilihat pada kuartal III kita mengalami varian Delta yang sangat tinggi yang menyebabkan adanya koreksi terhadap pemulihan ekonomi di kuartal III. Namun, koreksinya kita lihat tidak akan terlalu dalam, artinya masih bertahan di 4,3 persen. Untuk pertumbuhan keseluruhan tahun 2021, kita memperkirakan growth-nya di 4,0 (persen)," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kinerja dan Fakta (KiTa) secara daring di Jakarta, Senin (25/10/2021).

Baca juga:

Menkeu Sri Mulyani menambahkan, pada kuartal IV-2021, ekonomi Indonesia berpotensi mampu pulih lebih baik lagi atau rebound dengan pola aktivitas yang lebih normal. 

Namun, ia menekankan perlunya mewaspadai eskalasi risiko global, terutama dari faktor rebalancing China serta potensi peningkatan kasus Covid-19 domestik di akhir tahun.

Editor: Muthia Kusuma

  • Pertumbuhan Ekonomi
  • Sri Mulyani
  • Kementerian Keuangan
  • Perekonomian Nasional
  • Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!