covid-19

Kondisi Terkini Puluhan Atlet dan Ofisial PON XX Papua yang Positif Covid-19

28 pasien masih dalam penanganan dan satu pasien telah dinyatakan sembuh.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 07 Okt 2021 14:48 WIB

Atlet dan ofisial PON Papua Positif Covid-19

Atlet layar Bali I Gusti Made Oka Sulaksana menjalani tes usap PCR COVID-19 dalam persiapan mengikuti PON XX Papua (FOTO: ANTARA/Nyoman Hendra).

KBR, Jayapura - Sebanyak 28 dari 29 atlet dan ofisial tim peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang terinfeksi virus Covid-19 masih menjalani isolasi mandiri. Puluhan atlet dan ofisial tim itu positif korona usai dites PCR sebagai syarat mengikuti pertandingan di ajang olahraga empat tahunan ini.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, Silwanus Sumule mengatakan, atlet dan ofisial tim yang dinyatakan positif korona berada pada empat klaster.

Sebanyak 13 orang di klaster Mimika, tujuh orang di klaster Kabupaten Jayapura, enam orang di klaster Kota Jayapura dan tiga di klaster Merauke.

"28 pasien masih dalam penanganan dan satu pasien telah dinyatakan sembuh. Mereka ditangani, baik itu di isolasi terpusat, kemudian ada atlet juga yang meminta untuk dilakukan isolasi mandiri dan disepakati mereka dilakukan isolasi mandiri dengan pemantauan ketat. 28 pasien tersebut dalam kondisi tanpa gejala hingga gejala yang ringan," kata Silwanus Sumule, Kamis (7/10/2021).

Baca juga:

Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, Silwanus Sumule menilai, banyaknya peserta PON yang terinfeksi virus Covid-19 karena abai terhadap protokol kesehatan saat pembukaan PON XX Papua. Hal itu didorong  oleh euforia masyarakat Papua untuk melihat pelaksanaan PON.

Satgas penanganan Covid-19 Papua pun mengevaluasi prokes Covid-19 agar kedepannya PON dilaksanakan dengan mengantisipasi ketat penularan Covid-19.

Sementara itu, Juru bicara Satgas penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkap, para peserta PON yang positif korona sudah ditangani dengan baik.

Kata Wiku, begitu kasus baru positif korona terdeteksi, maka akan langsung diisolasi mandiri. Mereka juga akan melakukan isolasi mandiri usai tiba di daerah asal.

"Panitia terus memperketat skrining kesehatan dan segera pemerintah akan mempersiapkan mekanisme kepulangan partisipan acara untuk menjamin tidak membawa virus ke daerah asal," ungkap Wiku, Kamis, (7/10/2021).

Editor: Muthia Kusuma Wardani

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Toilet Sehat untuk Semua, Sudahkah Terpenuhi?