covid-19

Kasus Aktif Nasional Terendah, Satgas: BOR di Aceh dan Papua Masih Tinggi

"Ini adalah perkembangan yang sangat baik mengingat pada lonjakan kasus kemarin kasus aktif kita mencapai hampir 19 persen."

BERITA | NASIONAL

Rabu, 06 Okt 2021 08:32 WIB

Author

Heru Haetami

Data kasus aktif terendah pada Rabu (06/10) pagi.

Data kasus aktif nasional terendah pada Rabu (06/10) pagi.

KBR, Jakarta-  Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengklaim dalam sepekan terakhir kasus aktif Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan. Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, untuk pertama kalinya kasus aktif nasional terendah berada di bawah 1 persen yaitu 0,7 persen di minggu terakhir.

Data kasus covid hingga Rabu (06/10) pagi menunjukkan total jumlah kasus terkonfirmasi mencapai 4.221.610, sedangkan kasus aktif saat ini mencapai 29.823. 

"Ini adalah perkembangan yang sangat baik mengingat pada lonjakan kasus kemarin kasus aktif kita mencapai hampir 19 persen. Bahkan rata-rata dunia pun tidak pernah mencapai kasus aktif di bawah 1 persen. Terlebih, penurunan kasus aktif ini berhasil kita capai dalam waktu kurang lebih 2 bulan saja," kata Wiku dalam siaran pers secara daring, Selasa (5/10/2021).

Wiku memaparkan, saat ini masih ada lima provinsi dengan kasus aktif yang masih tinggi yaitu Kalimantan Utara 8,83 persen, kemudian Papua 5,33 persen, Aceh 4 persen, Kalimantan Tengah 3,08 persen dan Lampung 2,63 persen.

Baca juga:

Wiku menambahkan, masih adanya provinsi yang cukup tinggi baik kasus kematian maupun kasus aktif, sejalan dengan kondisi BOR atau keterisian tempat tidur pada provinsi tersebut.

Ia mengungkapkan, Papua dan Aceh yang masuk ke dalam lima besar kematian dan kasus aktif tertinggi minggu ini juga termasuk ke dalam lima besar BOR tertinggi.

BOR di Papua sebesar 20,52 persen dan Aceh 14,27 persen. Adapun provinsi lainnya yang juga mencatatkan BOR tertinggi adalah Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 15,84 persen, Bali sebesar 11,28 persen dan NTT 11,44 persen.

"Perlu perhatian bagi 5 provinsi ini untuk segera menurunkan BOR di wilayahnya masing-masing dengan segera meningkatkan kualitas penanganan pasien covid-19 agar seluruhnya dapat sembuh," pungkasnya.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ramai Cukai Rokok Mau Naik, Apa Kata Pakar dan DPR?