covid-19

Jika Pilpres Berlangsung Hari Ini, Ganjar Ungguli Anies dan Prabowo

Lembaga survei independen Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis tingkat elektabilitas dan keterpilihan tokoh yang menjadi bakal calon presiden jelang pemilihan umum (pemilu) 2024.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 07 Okt 2021 21:58 WIB

Jika Pilpres Berlangsung Hari Ini, Ganjar Ungguli Anies dan Prabowo

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

KBR, Jakarta- Lembaga survei independen Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis tingkat elektabilitas dan keterpilihan tokoh yang bakal menjadi calon presiden jelang pemilihan umum (pemilu) 2024.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengungkapkan temuan menarik. Yakni, jika pemilu presiden dilakukan hari ini, maka Ganjar Pranowo akan mengungguli dua kandidat terkuat lain, yaitu Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

"Kalau tiga nama sama-sama (maju), Ganjar akan dipilih 43,9 persen, disusul Anies 24,6 persen, dan Prabowo 21,7 persen. Kalau pilpresnya (dilakukan) sekarang. Dalam situasi demikian Ganjar unggul sangat jauh, sementara suara Prabowo dan Anies tidak berbeda signifikan, perbedaan dibawah margin of error (4 persen)," ucap Deni dalam Rilis SMRC: Partai dan Tokoh Calon Presiden: Kecenderungan Sikap Pemilih Menjelang 2024 secara daring, Kamis, (7/10/2021).

Baca juga: Undang-Undang Cipta Kerja Disahkan, Partai Buruh Bangkit

Deni mengatakan, simulasi pilihan dilakukan secara tertutup, dengan delapan nama tokoh yang dimunculkan dalam survei. Delapan nama itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kemudian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti, dan Ketua DPR Puan Maharani.

Survei dilakukan pada 15-21 September 2021. Responden survei mencakup seluruh warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih dalam pemilu.

Total responden adalah 1220 orang dan dipilih secara random atau multistage random sampling. Margin of error dari survei ini adalah 3,19 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95%.

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ramai Cukai Rokok Mau Naik, Apa Kata Pakar dan DPR?