Inspirasi Bisnis dari Aerostreet

Strategi branding dan optimalisasi media sosial jadi langkah jitu pemasaran

Senin, 11 Oktober 2021

KBR, Jakarta- Pandemi Covid-19 memaksa pengusaha putar otak untuk memasarkan produk-produknya. Adaptasi dilakukan agar bisnis tetap berjalan untuk menekan kerugian. 

Aerostreet, brand sepatu asal Klaten, Jawa Tengah langsung bermanuver ke penjualan online begitu pemberlakuan pembatasan kegiatann.

“Tahun 2020 Februari atau Maret, waktu Indonesia kena Covid, kita mulai beralih ke online. Kita ga paham apapun tentang online. Bikin Instagram juga baru 2020 itu juga,” ungkap pemilik Aerostreet Adhitya Caesarico.

Pemasaran daring dilakukan Rico melalui platform e-commerce. Perubahan strategi ini ternyata malah menguntungkan Aerostreet.

“Dulunya offline, proses untuk distribusi ini tadi membutuhkan waktu perjalanan 1-2 minggu, didistribusikan lagi ke toko retail. Tapi kalau dengan online, kita benar-benar posting hari ini, lima menit kemudian ada yang beli untuk sampai dengan konsumen,” terang Rico.

Promo gencar di media sosial diutamakan karena target pasarnya adalah kalangan milenial dan gen Z. Brand yang lahir pada 2015 selalu memantau selera pasar dan karakter konsumen mereka.

“Pertama nguatin divisi research & development (R&D). Orang-orangnya harus milenial-milenial. Sudut pandangnya harus ada orang baru terus di divisi R&D. Supaya produknya benar-benar fresh,” imbuh Rico.

Baca juga: Inspirasi Bisnis dari Visval

Adhitya Caesarico. (Foto: dok Aerostreet).

Berbeda dengan merk lain, Rico menekankan strategi menjual sepatu dengan satu harga sebagai strategi branding. Harga murah dan model yang bervariasi menjadi daya tarik konsumen untuk mengoleksi sepatu keluaran Aerostreet.

“Karena semua harga 100 ribu ada beberapa produk, kita mainnya subsidi silang. Jadi benar-benar ada produk yang marginnya bisa dibilang besar, ada beberapa produk malah sampai rugi,” pungkas Rico.

Baca juga: Transformasi si Smash 100 Watt, dari Bulu Tangkis ke Bisnis

Penasaran bagaimana brand sepatu lokal ini menghasilkan cuan di tengah pandemi? Simak obrolan Reski Messanto bersama pemilik Aerostreet Adhitya Caesarico di Uang Bicara Episode 13.