covid-19

Hari Santri Nasional, Jokowi Ingin Santri Jadi Pengusaha yang Inovatif

Presiden menginginkan agar para santri dapat bersaing dengan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya

BERITA | NASIONAL

Jumat, 22 Okt 2021 15:03 WIB

Santri jadi pengusaha

Presiden Joko Widodo ingin santri jadi pengusaha yang inovatif. (FOTO: ANTARA)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pesantren dapat mencetak para santri yang berjiwa pengusaha. Presiden menginginkan agar para santri dapat bersaing dengan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya setelah lulus pendidikan pesantren.

"Kita harus mendorong munculnya lebih banyak entrepreneur wirausahawan dari kalangan santri dan pondok pesantren. Orientasi santri bukan hanya lagi mencari pekerjaan, tapi sudah menciptakan kesempatan kerja bagi banyak orang. Menebar manfaat seluas-luasnya bagi umat. Peran pendidikan di pesantren madrasah maupun pendidikan tinggi agama islam sangat strategis, mencetak lulusan yang inovatif dan berkewirausahaan," ucap Jokowi dalam Peringatan Hari Santri Nasional dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah di Istana Negara, Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Baca juga:
Mendag: Lebih dari 15 Juta UMKM Gabung E-Commerce

Kepala negara juga mendorong masyarakat ekonomi syariah (MES) sebagai organisasi keumatan bisa menjadi lokomotif perkembangan ekonomi syariah yang menyentuh ekonomi umat secara langsung, dan mencetak banyak pengusaha dari kalangan santri, serta menggerakkan perekonomian yang inklusif.

"Saya menaruh harapan besar pada masyarakat ekonomi syariah untuk menjadi jembatan bagi seluruh pemangku kepentingan syariah untuk membangun eksosistem ekonomi syariah di negara kita Indonesia untuk membangun ekonomi inklusif yang memberdayakan dan mampu bertahan menghadapi berbagai macam krisis," tuturnya.

Baca juga:

Jokowi: Lebih dari 14 Juta UMKM Indonesia Gabung E-Commerce

Eks-Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, semangat berwirausaha yang mulai tumbuh di kalangan sanri, harus diikuti percepatan inklusi keuangan.

Kata dia, dukungan akses pembiayaan sangat penting bagi tumbuhnya pengusaha baru. Karena itu, pemerintah telah menyiapkan berbagai skema, baik program mekaar, KUR, kemudian bank wakaf mikro.

Baca juga:

Pengen Merek Bisnis Anda Sukses? Ini Konsep ART ala Menteri Sandiaga Uno

"Saya berharap pesantren dan santri dapat memanfaatkan berbagai program pembiayaan ini dengan baik sehingga semakin berperan dalam ekonomi umat," pungkasnya.

Editor: Muthia Kusuma

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Toilet Sehat untuk Semua, Sudahkah Terpenuhi?