covid-19

Satgas COVID: Sosialisasikan Protokol Kesehatan dengan Bahasa dan Kearifan Lokal

"Sosialisasi melalui media sosial, televisi, pemberitaan media online, penggunaan poster, dan sebagainya sesuai dengan bahasa lokal yang mampu dipahami oleh masyarakat setempat."

BERITA | NASIONAL

Rabu, 07 Okt 2020 23:01 WIB

Author

Agus Lukman

Satgas COVID: Sosialisasikan Protokol Kesehatan dengan Bahasa dan Kearifan Lokal

Ketua Satgas COVID-19 Nasional Doni Monardo. (Foto: BNPB)

KBR, Jakarta - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 meminta pemerintah daerah terus menguatkan sosialisasi ke masyarakat mengenai pentingnya kepatuhan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Sosialisasi perlu digiatkan agar perilaku masyarakat berubah lebih meningkat dalam menjalankan protokol kesehatan.

Ketua Satgas COVID-19 Nasional Doni Monardo mengatakan saat ini vaksin terbaik mencegah COVID-19 adalah mematuhi protokol kesehatan.

“Selama belum ada vaksin maupun obat, mematuhi protokol kesehatan adalah vaksin terbaik sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19,” kata Doni saat Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 Wilayah Provinsi Gorontalo di rumah dinas Gubernur Provinsi Gorontalo, Rabu (7/10/2020).

Doni juga mendorong agar Pemerintah Provinsi Gorontalo lebih meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan melalui beragam medium ruang.

Salah satunya adalah dengan kearifan lokal dan peran para tokoh masyarakat.

“Kita gunakan media-media yang ramah digunakan oleh masyarakat. Misalnya sosialisasi melalui media sosial, televisi, pemberitaan media online, penggunaan poster, dan sebagainya sesuai dengan bahasa lokal yang mampu dipahami oleh masyarakat setempat,” lanjut Doni.

Doni mengatakan literasi masyarakat mengenai kesadaran protokol kesehatan tidak cukup dilakukan pemerintah saja. Jika melibatkan tokoh masyarakat, Doni yakin, sosialisasi akan lebih didengar dan diterima warga di daerah.

“Pemerintah pusat maupun daerah serta masyarakat tidak bisa bergerak sendiri-sendiri, kita harus bergerak bersama. Pemerintah daerah setempat dapat bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat yang dipercaya dan dihargai oleh masyarakat setempat sehingga pemahaman tentang penerapan protokol kesehatan dapat diterima dengan baik,” kata Doni.

Editor: Rony Sitanggang

(Redaksi KBR mengajak untuk
bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

DE-SI (Depresi to Prestasi)

War On Drugs

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10