Pidana Korupsi, KPK Eksekusi Bekas Bupati Kepulauan Talaud ke Penjara

"Terpidana juga telah melunasi pembayaran denda sebesar Rp200 juta"

NASIONAL

Selasa, 27 Okt 2020 12:13 WIB

Author

Muthia Kusuma

Pidana Korupsi, KPK Eksekusi Bekas Bupati Kepulauan Talaud ke Penjara

Eks Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip saat sidang Dakwaan, Senin (23/09/19). (Antara/Sigit)

KBR, Jakarta-   Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi terpidana eks-Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyuni Maria Manalip ke Lembaga Pemasyarakatan Anak Wanita Tangerang. Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, Sri Wahyuni akan menjalani pidana penjara selama 2 tahun dikurangi selama berada dalam tahanan.

Sri divonis terbukti bersalah karena telah menerima sejumlah barang mewah, seperti tas dan perhiasan dari pengusaha Bernard Hanafi Kalalo.

"Terpidana juga telah melunasi pembayaran denda sebesar Rp200 juta dan telah disetorkan ke kas negara sebagai bagian aset recovery pada hari Jumat (2/10/2020)," ucap Ali kepada KBR, Selasa (27/10/2020).

Sebelumnya Mahkamah Agung memotong masa kurungan eks-Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyuni Maria Manalip saat permohonan peninjauan kembali (PK). Dalam putusannya, MA memotong masa tahanan Sri Wahyumi dari 4,5 tahun menjadi 2 tahun penjara.

Terkait pengurangan hukuman itu pihak lembaga antirasuah kecewa. Meski begitu, Jubir KPK Ali Fikri menjelaskan  tetap menghormati hasil yang diambil majelis hakim MA.

Dalam perkara ini, Sri Wahyuni terbukti menerima barang-barang dari pengusaha Bernard Hanafi Kalalo agar memenangkan Bernard dalam lelang pekerjaan revitalisasi Pasar Lirung senilai Rp 2,965 miliar dan pekerjaan revitalisasi Pasar Beo seniai Rp 2,818 miliar TA 2019. Barang yang diterima Sri Wahyumi adalah satu unit telepon selular (ponsel) satelit jenama (merek) Thuraya beserta pulsa senilai Rp 28 juta, tas tangan merek Channel senilai Rp 97,36 juta, tas tangan merek Balenciaga senilai Rp 32,995 juta.

Selain itu, Sri Wahyuni juga terbukti menerima jam tangan merek Rolex senilai Rp 224,5 juta, cincin merek Adelle senilai Rp 76,925 juta dan anting merek Adelle senilai Rp 32,075 juta, sehingga totalnya mencapai sekitar Rp 491 juta.

Editor: Rony Sitanggang 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Dorong Penggunaan Medis, PBB Hapus Ganja dari Daftar Narkotika Paling Berbahaya

Liburan di Rumah Aja! #coronamasihada

Eps9. Bijak Energi

Menanti Nasib Ekspor Benur

Kabar Baru Jam 7