Pemerintah Pesan 100 Juta Kandidat Vaksin Covid-19 dari Farmasi Inggris

"Vaksin AZ merupakan salah satu kandidat vaksin COVID-19 yang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tercatat telah memasuki uji klinis tahap 3."

NASIONAL

Kamis, 15 Okt 2020 05:24 WIB

Author

Rony Sitanggang

Pemerintah Pesan 100 Juta Kandidat Vaksin Covid-19 dari Farmasi Inggris

Menlu Retno Marsudi konpers daring 100 juta vaksin AstraZeneca, London, Inggris, Rabu (14/10).

KBR, Jakarta-  Pemerintah menandatangani perjanjian kerja sama vaksin dengan perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca. Perjanjian ini untuk penyediaan 100 juta dosis vaksin Covid-19.

Kesepakatan tersebut dicapai dalam pertemuan antara delegasi pemerintah Indonesia, yang diwakili Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir, serta tim Kemenkes RI dengan jajaran pimpinan AstraZeneca di London, Rabu waktu setempat.

Menlu Retno mengatakan Indonesia telah menyampaikan permintaan penyediaan vaksin sebanyak 100 juta (dosis) untuk tahun depan.

"Vaksin AZ merupakan salah satu kandidat vaksin Covid-19 yang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tercatat telah memasuki uji klinis tahap 3. Menggunakan desain non-replicating viral vector," ujar Menlu Retno saat memberikan keterangan daring dari London, Rabu (14/10).

Menlu Retno Marsudi berharap pengiriman pertama vaksin dapat dilakukan pada semester pertama tahun depan. Selanjutnya  pengiriman akan dilakukan secara bertahap.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. 

Dalam aturan baru yang diteken pada Selasa (5/10/2020), pemerintah mengatur mulai pengadaan hingga pendistribusian vaksin Covid-19.

Peraturan baru ini dibuat dengan tujuan mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19. Caranya dengan percepatan pengadaan dan imunisasi vaksin. Termasuk di dalamnya dukungan pendanaan dan fasilitas kementerian sampai pemerintah daerah.


Editor: Sindu Dharmawan


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan  3M, yakni;  Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Valentino Rossi Akan Kembali Ke Arena Balap Pada MotoGP Eropa

Kisruh Rencana Pengadaan Mobil Dinas Pimpinan KPK

Kabar Baru Jam 7

Nakesku Sayang, Nakesku Malang

Eps3. Ketika Burgermu Memanaskan Bumi