BERITA

Pandemi COVID, Satgas: Penurunan Kasus di Sulsel Tertinggi dalam Sepekan

""Dari 10 provinsi ini masih beberapa yang ada peningkatan kasus, sisanya dari pekan sebelumnya sudah terjadi penurunan.""

Rony Sitanggang

Pandemi COVID,  Satgas: Penurunan Kasus di Sulsel Tertinggi dalam Sepekan
Perbandingan jumlah kasus cpvid di 10 provinsi prioritas.

KBR, Jakarta -  Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat Provinsi Sulawesi Selatan sebagai provinsi yang memiliki angka tertinggi persentase penurunan jumlah kasus, yaitu sebesar 30,1 persen. 

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan di peringkat kedua ada Jawa Barat dengan penurunan 28,5 persen, Kalimantan Selatan 8,1 persen, dan Jawa Timur turun 8 persen.

Data tersebut merupakan perbandingan angka kasus yang terjadi pada pekan tanggal 21-27 September dengan kasus yang terjadi pada pekan 28 September-4 Oktober.

Dewi mengatakan perbandingan kasus secara mingguan lebih baik dari perbandingan harian karena akan mengurangi bias. 

"Dari 10 provinsi ini masih beberapa yang ada peningkatan kasus, sisanya dari pekan sebelumnya sudah terjadi penurunan. Contohnya Sumatera Utara ini pada pekan terakhir terjadi penurunan minus 3,9 persen jumlah kasus di pekan terakhir, dibandingkan dengan jumlah kasus pada pekan sebelumnya. Cara membacanya seperti itu." ujar Dewi dalam  perbincangan  “Covid-19 dalam Angka: Perkembangan Kasus di 10 Provinsi Prioritas” di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Rabu (10/9/2020) pagi.

Terkait penambahan jumlah kasus, data Satgas mencatat dalam sepekan terakhir Provinsi Aceh mengalami kenaikan tertinggi mencapai 12,2 persen. Di belakangnya ada Bali bertambah 6,3 persen, dan Jawa Tengah 1,3 persen.

Sedangkan tingkat persentase sembuh pasien COVID di 10 provinsi prioritas relatif stabil. Data itu tercatat sejak 6 September hingga 4 Oktober. Kesepuluh provinsi ini menyumbang 75,64 persen kasus nasional. 

“Trend kasus kesembuhan dalam lima minggu terakhir ini cenderung stabil, kecuali Jawa Barat dan Papua,” papar Dewi Nur Aisyah.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan sebanyak lima provinsi berkejaran menjadi yang terbaik dalam penanganan kasus. 

Saaat ini provinsi Kalimantan Selatan yang tertinggi dengan 85,59 persen kesembuhan. Disusul Jawa Timur dengan 85 persen kesembuhan, Bali 83 persen, Sulawesi Selatan 81 persen, dan DKI Jakarta 81 persen.

Editor: Agus Lukman


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan  3M, yakni;  Memakai masker,  Mencuci tangan, dan  Menjaga jarak.)

  • #jagajarak
  • #pakaimasker
  • COVID-19
  • #cucitangan
  • #jagajarakhindarikerumunan
  • #cucitanganpakaisabun
  • #IngatPesanIbu
  • #KBRLawanCovid

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!