Pandemi, Jokowi: Kasus Aktif Covid-19 Turun Dibanding Rata-Rata Global

"Kita juga sudah bisa menekan angka rata-rata kematian, meski masih di atas dunia, di 3,55 persen. Ini lebih baik dibandingkan 2 minggu lalu di 3,77 persen. Namun masih lebih tinggi dari rata-rata"

BERITA | NASIONAL

Senin, 12 Okt 2020 11:36 WIB

Author

Resky Novianto

Pandemi, Jokowi: Kasus Aktif Covid-19 Turun  Dibanding Rata-Rata Global

Presiden Jokowi meninjau fasililitas perawatan pasien covid, Senin (14/09). (Medsos Presiden)

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo mengatakan   kasus aktif Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan yang signifikan. Dia menyebut, dari data terakhir per 11 Oktober, kasus aktif berada di kisaran 19,97 persen.

Angka ini menunjukkan tren yang semakin rendah daripada kasus aktif secara global. Hal itu disampaikannya saat membuka rapat terbatas dengan Komite Penanganan Covid 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

"Rata-rata kasus Covid aktif di Indonesia ini 19,97 persen. Saya kira bagus karena ini lebih rendah dari rata-rata Covid kasus aktif dunia yang mencapai 22,1 persen. Kita lebih baik. Dan juga lebih baik dari rata-rata kasus aktif kalau kita lihat di 27 September 2020 yang mencapai 22,46 persen. Jadi penurunannya kelihatan sekali, dari 22,46 menjadi 19,97," ujar Jokowi secara Virtual di kanal Youtube Seskab RI, Senin (12/10/2020).

Jokowi mengatakan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia lebih baik dari rata-rata secara global yakni 76,48 persen. Menurutnya, angka ini lebih tinggi dari angka kesembuhan global yang baru mencapai 75,03 persen.

Jokowi menginstruksikan agar standar pelayanan bagi pasien Covid-19 terus ditingkatkan. Khusus tingkat kematian, Jokowi mengakui masih lebih tinggi dibandingkan rata-rata secara global sehingga perlu penekanan secara tepat.

"Angka rata-rata kesembuhan harus terus diperbaiki, terus ditingkatkan dengan meningkatkan standar pengobatan, baik di RS, ICU, maupun tempat-tempat isolasi. Kita juga sudah bisa menekan angka rata-rata kematian, meski masih di atas dunia, di 3,55 persen. Ini lebih baik dibandingkan 2 minggu lalu di 3,77 persen. Namun masih lebih tinggi dari rata-rata kematian dunia di 2,88 persen." pungkasnya

Editor: Rony Sitanggang

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Valentino Rossi Akan Kembali Ke Arena Balap Pada MotoGP Eropa

Kisruh Rencana Pengadaan Mobil Dinas Pimpinan KPK

Kabar Baru Jam 7

Nakesku Sayang, Nakesku Malang

Eps3. Ketika Burgermu Memanaskan Bumi