BERITA

Pandemi, Satgas Covid Siapkan Jurus 3 W untuk Ubah Perilaku

""Jadi kalau ada yang tidak pakai masker dia akan malu sendiri,""

Pandemi,  Satgas Covid Siapkan Jurus 3 W untuk Ubah Perilaku
Penindakan pelanggar protokol kesehatan di pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Jabar, Senin (28/09). (Antara/Adeng Bustomi)

KBR, Jakarta - Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 menggunakan jurus baru, yaitu 'jurus 3W' untuk mengubah perilaku agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. 

Ketua Sub Bidang Mitigasi Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Irwan Amrun, mengatakan 3W adalah Wajib Iman, Wajib Imun, dan Wajib Aman. 

Irwan menjelaskan Wajib Iman kewajiban sesuai dengan keyakinannya. Sedangkan Wajib imun dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dengan berolah raga dan pola makan yang baik.

"Kita itu harus sehat. Sehat itu dulu terkenal sekali dengan istilah 4 sehat 5 sempurna. 5 sempurna minum susu. Imunitas bisa dengan olahraga, berjemur. Atau bila ada yang suka minum jamu, silakan," kata Irwan Amrun dalam diskusi yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (6/10/2020).

Irwan melanjutkan, untuk Wajib Aman adalah dengan protokol 3M yakni, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Kita pengen nggak sih menjadi bagian dari solusi? Kalau kita tidak pakai masker, sebetulnya kita akan membahayakan orang yang kita cintai. Dengan kita menggunakan maka, kita memberikan dampak positif. Jadi kalau ada yang tidak pakai masker maka dia akan malu sendiri," ujar Irwan.

Irwan Amrun mengatakan, ada tiga urutan perubahan perilaku. Langkah pertama melalui sosialisasi dengan memobilisasi 14 ribu penyuluh lapangan.

Langkah kedua adalah edukasi ke masyarakat, mulai dari tingkat sekolah sampai mahasiswa dengan menayangkan pesan 3M sebelum pembelajaran. Langkah ketiga adalah mitigasi atau pengurangan risiko dengan penegakan aturan.

Editor: Agus Lukman


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan  3M, yakni;  Memakai masker,  Mencuci tangan, dan  Menjaga jarak.)

  • #jagajarak
  • #jagajarakhindarikerumunan
  • #pakaimasker
  • #cucitanganpakaisabun
  • #IngatPesanIbu
  • COVID-19
  • #KBRLawanCovid
  • #cucitangan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!