Mendikbud: Jadikan Situasi Pandemi Sebagai Laboratorium Inovasi

Kesulitan mengajar, mengumpulkan bahan ajar dan mendidik secara tidak langsung menjadi hambatan besar dalam melakukan proses belajar mengajar.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 08 Okt 2020 14:27 WIB

Author

Dwi Reinjani

Mendikbud: Jadikan Situasi Pandemi Sebagai Laboratorium Inovasi

Mendikbud Nadiem Makarim mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/9/2020). ANTARA/ Akbar N G.

KBR,Jakarta- Menteri pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan, dalam peringatan Hari Guru Sedunia, 5 Oktober tahun ini, ia mengajak para pendidik menjadikan pandemi sebagai ajang membuat inovasi baru dibidang pengajaran.

Ia meminta pandemi ini dijadikan laboratorium bersama, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Ajak seluruh insan pendidikan untuk menjadikan situasi Pandemi ini sebagai laboratorium bersama untuk menemukan solusi solusi serta inovasi inovasi karena sekarang sudah saatnya kita menata ulang pendidikan sekarang saatnya kita melihat lebih jauh apa yang sebenarnya paling dibutuhkan para guru dan murid apa yang dibutuhkan bangsa ini agar mampu melakukan lompatan lompatan saya sering menyampaikan bahwa fokus pendidikan adalah murid murid dan murid karena saya percaya Investasi yang paling berharga adalah sumber daya manusia tidak terkecuali investasi untuk para guru,” ujar Nadiem, dalam pembukaan hari Guru Sedunia secara virtual, Kamis (08/10/2020).

Menurut Nadiem lebih dari 1,6 miliar siswa dan 63 juta guru terdampak Covid-19 di dunia. Kesulitan mengajar, mengumpulkan bahan ajar dan mendidik secara tidak langsung menjadi hambatan besar dalam melakukan proses belajar mengajar.

Namun Nadiem mengatakan agar para guru terus berinovasi untuk memberi pengajaran siswanya.

“Terlepas dari fakta yang tidak kita inginkan ini, kita masih melihat kiprah guru yang luar biasa. Para guru dengan hati nurani dengan segala keterbatasan memilih untuk mengajar bagaimanapun caranya daripada murid-murid tidak belajar. Hari guru sedunia ini perlu kita maknai secara khusus di mana peran guru adalah sangat mulia, para guru tidak hanya memastikan kelangsungan pembelajaran tetapi juga berperan lebih mendukung pada kesehatan mental dan kesejahteraan murid mereka.” Ujar Nadiem.

Editor: Ardhi Rosyadi


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Inggris Perpendek Masa Karantina Turis Asing

Menggunakan Sains Data untuk Atasi Kemacetan di Jakarta

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Beda Nasib Serapan Insentif Usaha di Progam Pemulihan Ekonomi Nasional