BERITA

Hunian Hotel Isolasi Covid-19 di Jakarta Capai 45 Persen

"Koordinator Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Tugas Ratmono mengatakan penyediaan hotel sebagai fasilitas isolasi berdampak pada turunnya tingkat okupansi pasien di Wisma Atlet"

Ardhi Rosyadi

Hunian Hotel Isolasi Covid-19 di Jakarta Capai 45 Persen
Petugas hotel berpakaian APD menyemprotkan cairan disinfektan di sebuah kamar di Hotel Pangeran Beach, Padang, Sumatera Barat, Jumat (25/9/2020). ANTARA/ Iggoy

KBR, Jakarta- Jumlah pasien positif Covid-19 tanpa gejala alias OTG di tiga Hotel Isolasi Mandiri yang tersebar di DKI Jakarta mencapai 319 pasien (45,18%) dari total hunian 706 tempat tidur.

Rinciannya U Stay Hotel terisi 114 pasien (63,33%) dengan kapasitas huni 180 pasien. Ibis Style Mangga Dua terisi 77 pasien (22,92%) dari total hunian sebanyak 336 tempat tidur. Dan di Ibis Hotel Senen terisi 128 pasien (67,37%) dari total hunian 190 tempat tidur.

Sementara itu, Koordinator Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Tugas Ratmono mengatakan penyediaan hotel sebagai fasilitas isolasi mandiri di Ibu Kota berdampak pada turunnya tingkat okupansi pasien di Wisma Atlet.

“Tentunya ini ada suatu pengurangan jumlah yang sangat mungkin,” ujar dia dalam diskusi yang disiarkan secara daring pada Senin, 5 Oktober 2020.

Tugas menjelaskan sebelum ada hotel untuk isolasi mandiri, tingkat okupansi di flat isolasi mandiri RSD Wisma Atlet bisa mencapai 90-95 persen.

Terhitung pagi tadi, kata Tugas, tingkat okupansi di tower 4 dan 5 RSD Wisma Atlet tercatat masing-masing sebesar 40 dan 60 persen. “Di sini kami lihat huniannya tidak seperti pekan-pekan kemarin yang bisa mencapai 90 persen,” tutur dia.

Secara jumlah, Tugas menjelaskan saat ini pasien isolasi mandiri yang berada di tower 4 dan 5 tercatat sebanyak 1.666 orang. Jumlah itu berkurang jika dibandingkan pekan lalu di mana tingkat hunian kedua tower tersebut bisa mencapai 2 ribu orang.

Penurunan angka hunian di RSD Wisma Atlet menurut Tugas dapat meringankan beban tenaga kesehatan yang bertugas di sana. Musababnya, sebelum tersedia hotel-hotel itu seluruh pasien isolasi mandiri diarahkan untuk menjalani perawatan di RSD Wisma Atlet.

Seperti diketahui sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama pemerintah pusat. Pada Selasa, 29 September 2020, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Fify Mulyani, mengatakan saat ini sudah dibuka 2 hotel untuk isolasi pasien Covid-19, yaitu Ibis Style Mangga Dua, Jakarta Utara, serta U Stay Mangga Besar, Jakarta Barat.

Penyediaan hotel itu merupakan kerja sama antara Dinkes DKI dengan Kementerian Pariwisata.

Editor: Rony Sitanggang

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

  • Covid-19
  • #IngatPesanIbu
  • #jagajarak
  • #pakaimasker
  • #cucitanganpakaisabun
  • #hindarikerumunan
  • #KBRLawanCovid19
  • #satgascovid19

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!