Tarif Baru Pulau Komodo: Murah untuk Turis Asing, Sangat Mahal untuk Turis Domestik?

Rencana penaikan harga tiket Pulau Komodo jadi Rp14 juta tergolong murah untuk turis asing, tapi sangat jauh di atas jangkauan rata-rata warga Indonesia.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 03 Okt 2019 15:01 WIB

Author

Adi Ahdiat

Tarif Baru Pulau Komodo: Murah untuk Turis Asing,  Sangat Mahal untuk Turis Domestik?

Turis asing menyelam di perairan sekitar Pulau Komodo. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Pemerintah berencana menaikkan harga tiket masuk Pulau Komodo dari kisaran ratusan ribu rupiah menjadi US$1.000 atau sekitar Rp14 juta per wisatawan.

Menurut Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, kebijakan itu diambil demi membatasi jumlah wisatawan di area konservasi. 

"Orang yang mau melihat sesuatu yang luar biasa, ya, dia harus mau bayar mahal," kata Menko Luhut di Jakarta, seperti dilansir Antara, Rabu (2/10/2019).

Menurut Luhut, nantinya pengelola Pulau Komodo hanya akan menyiapkan 50 ribu tiket masuk per tahun untuk membership premium, yang masa berlakunya 12 bulan.

Luhut juga mengungkap Pulau Komodo bakal dikelola pengusaha pariwisata dari luar negeri.

"Sudah kita approach, (pengusaha pariwisata) yang punya pengalaman mengelola Afrika. Dari Amerika, sepertinya. Sudah bicara ke saya, di Washington. Saya mau kontak mereka hari ini atau besok," kata Luhut.

Rencana penaikan harga Pulau Komodo ini juga sudah didukung penuh oleh Presiden Jokowi.

"Kalau nggak mampu bayar, nggak usah ke sana (Pulau Komodo),” kata Presiden di sela-sela kunjungannya ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (11/7/2019).


Pulau Komodo Eksklusif untuk Turis Asing?

Menurut Statistik Wisatawan Mancanegara 2018 dari BPS, rata-rata turis asing mampu mengeluarkan uang sebesar US$1.220 atau sekitar Rp17 juta per orang per kunjungan.

Berdasar data tersebut, rencana penaikan harga tiket Pulau Komodo menjadi US$1.000 atau sekitar Rp14 juta itu tergolong murah untuk turis asing.

Tapi, lain halnya dengan wisatawan domestik. Menurut Statistik Wisatawan Nusantara 2018, rata-rata pelancong lokal hanya mampu mengeluarkan uang sekitar Rp366 ribu sampai Rp2,3 juta per orang untuk berlibur atau rekreasi.

Dari angka statistik itu, rencana penaikan tiket Pulau Komodo jadi Rp14 juta jauh di atas jangkauan rata-rata warga Indonesia.

Menko Luhut belum menjelaskan apakah nanti akan ada pembedaan tarif bagi wisatawan mancanegara dan domestik atau tidak.

Jika "harga premium" itu diberlakukan mutlak untuk semua wisatawan, Pulau Komodo bakal jadi kawasan wisata yang didominasi turis asing.

Editor: Agus Luqman
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Puluhan Pabrik Tahu di Sidoarjo Gunakan Sampah Plastik Impor untuk Bahan Bakar

Cegah Radikalisme Menag Akan Ganti Ayat-ayat Al Qur'an?