Presiden Minta Hunian Tetap Korban Gempa Palu Selesai Sebelum Lebaran 2020

"Target rumah 4.522 unit. Sementara itu 3.690 unit rumah sudah dalam proses pembangunan, dan 49 unit telah selesai dibangun."

BERITA | NASIONAL

Rabu, 30 Okt 2019 15:35 WIB

Author

Adi Ahdiat

Presiden Minta Hunian Tetap Korban Gempa Palu Selesai Sebelum Lebaran 2020

Presiden Jokowi mengunjungi lokasi pembangunan huntap untuk korban bencana di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (29/10/2019). (Foto: Humas BNPB)

KBR, Jakarta - Proyek pembangunan hunian tetap (huntap) untuk korban bencana gempa, tsunami, dan likuefaksi Sulawesi Tengah (Sulteng) masih jauh dari target.

Menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sampai sekarang baru ada sangat sedikit huntap yang rampung.

"Perkembangan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah pascabencana di Sulawesi Tengah tahap pertama hingga 27 Oktober 2019 mencakup target rumah 4.522 unit. Sementara itu 3.690 unit rumah sudah dalam proses pembangunan, dan 49 unit telah selesai dibangun," papar humas BNPB Agus Wibowo dalam rilisnya, Rabu (30/10/2019).

Sebelumnya, BNPB menyebut bahwa bencana gempa, tsunami, dan likuefaksi yang melanda Sulteng (28/9/2018) telah mengakibatkan sekitar 100 ribu rumah rusak dengan kategori kerusakan berbeda-beda.

Dan menurut data Pasigala Center, sampai setahun pascabencana (27/9/2019) ada sekitar 4.000 keluarga penyintas yang belum kebagian hunian sementara (huntara) dan masih tinggal di tenda-tenda pengungsian.


Jokowi: Huntap Selesai Sebelum Lebaran 2020

Presiden Jokowi mengakui pembangunan huntap korban bencana Sulteng memang sempat terhambat karena masalah pembebasan lahan.

Namun, kini Jokowi mengklaim sudah berkoordinasi dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) serta pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Permasalahan yang selama ini menjadi penghambat dalam proses pembangunan huntap ini kan masalah lahan. Sekarang sudah bisa diselesaikan pemerintah daerah," kata Jokowi di sela-sela kunjungannya ke lokasi proyek huntap Duyu-Tondo, Palu, Sulteng, Selasa (29/10/2019).

"Memang ini bukan pekerjaan kecil, ada 11 ribu hunian rumah yang harus kita siapkan, relokasi," kata Jokowi lagi.

Presiden Jokowi lantas memastikan bahwa pembangunan huntap di kawasan Duyu-Tondo, Palu, Sulteng, bisa rampung akhir 2019.

Sedangkan untuk kawasan terdampak bencana lain seperti Sigi, Petobo, Pombewe, dan Parigi Moutong, Jokowi berharap semuanya bisa selesai sebelum Idul Fitri 2020.

"Saya sudah minta agar proyek huntap Sulawesi Tengah ini bisa rampung pada tahun 2020. Sebelum Idul Fitri tahun depan," katanya.

"Ini kan sudah ditunggu masyarakat. Jadi saya minta ini segera diselesaikan," katanya lagi.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

KPK Serukan Penerapan Sertifikasi Sistem Manajemen Antisuap

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12