Pelantikan Jokowi, Tamu Asingnya Lebih Banyak dari Pelantikan SBY

Dengan tamu asing lebih banyak, pelantikan Jokowi juga menghabiskan anggaran lebih besar.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 18 Okt 2019 12:16 WIB

Author

Adi Ahdiat

Pelantikan Jokowi, Tamu Asingnya Lebih Banyak dari Pelantikan SBY

Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengamati anggrek di sela-sela kunjungan di The Istana, Singapura (8/10/2019). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta- Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, hari Minggu mendatang (20/10/2019).

Pelantikan kedua Jokowi ini menghadirkan tamu dari negara asing lebih banyak ketimbang presiden sebelumnya.


Tamu Pelantikan SBY

Menurut lansiran BBC, pelantikan pertama Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) tahun 2004 hanya dihadiri oleh tiga kepala negara asing, yakni dari Australia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Perwakilan tiga negara tadi kembali hadir di pelantikan SBY tahun 2009, dengan ditambah perwakilan dari Singapura dan Timor Leste.


Tamu Pelantikan Jokowi

Kemudian dalam pelantikan Jokowi tahun 2014, jumlah tamu asing bertambah drastis menjadi belasan negara.

Menurut catatan Tempo, pelantikan pertama Jokowi dihadiri oleh perwakilan 17 negara dari benua Asia, Eropa, dan Amerika.

Begitupun dalam pelantikan besok. Menurut Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, pelantikan kedua Jokowi ini akan dihadiri tamu dari 12 belas negara.

"Sejauh ini tamu negara yang hadir adalah dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Australia, Vietnam, Myanmar. Kalau Tiongkok itu Wakil Presiden, Vietnam juga Wakil Presiden, Thailand deputinya, Amerika Serikat utusan, Laos utusan, dan Filipina adalah Presiden," kata Kasetpres dalam situs resminya, Kamis (17/10/2019).


Tamu Lebih Banyak, Anggaran Lebih Besar

Dengan tamu asing lebih banyak, pelantikan Jokowi juga menghabiskan anggaran lebih besar.

Dalam pelantikan SBY tahun 2009, Wakil Ketua MPR Hajriyanto mengklaim hanya menghabiskan anggaran sekitar Rp300 juta.

Lantas pada pelantikan Jokowi tahun 2014, anggarannya meningkat cukup drastis menjadi Rp1 miliar.

Anggaran pelantikan presiden tahun 2019 ini nampaknya bakal lebih besar lagi. Pasalnya, anggaran sewa mobil untuk tamu negara saja sudah menghabiskan Rp1 miliar sendiri.

“(Sewa mobil untuk tamu negara) kurang lebih Rp1 miliar, nggak mahal kok, karena kita hanya minta 4 hari (sewa) ya, kurang lebih Rp1 miliar,” jelas Kasetpres dalam situs resminya.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 17

Puluhan Pabrik Tahu di Sidoarjo Gunakan Sampah Plastik Impor untuk Bahan Bakar

Cegah Radikalisme Menag Akan Ganti Ayat-ayat Al Qur'an?

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14