Ini Tokoh Negara yang Hadiri Pelantikan Jokowi-Mar'uf Amin

"Semua para tokoh bangsa confirmed hadir hari ini, seperti Ibu Megawati , Bapak Soesilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden kecuali Pak Try"

BERITA | NASIONAL

Minggu, 20 Okt 2019 14:51 WIB

Author

Heru Haetami, Dian Kurniati

Ini Tokoh Negara yang Hadiri Pelantikan Jokowi-Mar'uf Amin

Ketum Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Waketum Sandiaga Uno (kanan) di lokasi pelantikan Presiden, Jokowi-Ma'ruf Amin (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

KBR, Jakarta - Sejumlah tokoh negara menghadiri pelantikan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024, Minggu (20/20/2019).

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyebut tokoh negara yang akan menghadiri pelantikan hari ini di antaranya mantan presiden dan wakil Presiden.

"Semua para tokoh bangsa confirmed hadir hari ini, seperti Ibu Megawati , Bapak Soesilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden kecuali Pak Try (Try Sutrisno) masih ada di Jepang," kata Bamsoet ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Bamsoet, begitu ia akrab disapa menyatakan, pelantikan presiden-wakil presiden terpilih ini juga akan dihadiri Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang merupakan lawan politik Jokowi dan Ma'ruf Amin saat kontestasi Pemilihan Presiden 2019.

"Kemudian Pak Prabowo dan Sandiaga Uno hadir," kata Bamsoet.

Disinggung mengenai kehadiran Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto yang beberapa waktu lalu mengalami penyerangan di Pendeglang, Banten, Bamsoet mengaku tidak mengetahui hal tersebut.

"Saya belum tahu, nanti saya cek. Karena kan beliau masih dalam perawatan," ujar Bamsoet.

Selain tokoh negara, sejumlah tokoh negara sahabat pun hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, di antaranya Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah, yang didampingi Pangeran Brunei, Abdul Mateen, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, dan Raja Eswatini, Mswati III.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, usai pelantikan, Presiden Jokowi masih akan menerima beberapa kunjungan kehormatan dari beberapa pimpinan dan utusan khusus negara, Minggu malam.

Kunjungan kehormatan itu adalah Wakil Presiden China Wang Qishan, Wakil Presiden Viet Nam, Dang Thi Ngoc Thinh, Wakil Presiden Republik Uni Myanmar, dan Henry Van Thio.

"Selain itu, ada pula beberapa utusan khusus yang dikirim untuk menyampaikan ucapan selamat kepala negara, yakni dari Korea Selatan, Filipina, Jepang, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat," tambah Retno Marsudi.

Editor: Kurniati Syahdan 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Puluhan Pabrik Tahu di Sidoarjo Gunakan Sampah Plastik Impor untuk Bahan Bakar

Cegah Radikalisme Menag Akan Ganti Ayat-ayat Al Qur'an?