HUT TNI, Jokowi: Berantas Komunisme dan Warisan PKI

Menurut Jokowi, TNI memiliki peran besar untuk membantu pemerintah menjaga ideologi Pancasila dari paham lain, termasuk komunisme.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 05 Okt 2018 14:20 WIB

Author

Dian Kurniati

HUT TNI, Jokowi: Berantas Komunisme dan Warisan PKI

Presiden Joko Widodo memeriksa pasukan ketika menjadi Inspektur Upacara HUT ke-73 TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Jumat (5/10/18). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo kembali mengulang janjinya memberantas komunisme dan semua yang berkaitan dengan Partai Komunis Indonesia (PKI). Hal itu Jokowi katakan saat berpidato dalam upacara ulang tahun TNI ke-73.

Menurut Jokowi, TNI memiliki peran besar untuk membantu pemerintah menjaga ideologi Pancasila dari paham lain, termasuk komunisme.

"Sampai kapan pun juga kita harus waspada terhadap upaya dari luar yang merongrong wilayah Indonesia. Sedangkan, sebagai panglima tertinggi di Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara, tugas saya adalah bersama saudara-saudara melawan ideologi lain selain Pancasila, memberantas komunisme dan warisan PKI, agar lenyap dari Indonesia selamanya," kata Jokowi di Markas TNI Cilangkap, Jumat (5/10/18).

Jokowi mengatakan, TNI harus selalu mewaspadai pelbagai upaya yang menggangu ideologi negara, baik dari dalam dan luar negeri. Menurut Jokowi, ancaman paham itu bisa muncul setiap saat. Jokowi berkata, pesan menjaga kedaulatan negara juga telah sejak lama disampaikan Jenderal Sudirman.

Sudirman, menurut Jokowi, ingin agar TNI selalu memastikan ketentraman masyarakat, dengan mendukung demokrasi dan memperkokoh pondasi pembangunan negara.

Editor: Gilang Ramadhan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Pesantren Khusus Disabilitas di Banyuwangi

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11