BERITA

Ditjen PAS: Ada Kampus Hukum bagi Narapidana di Lapas

""Nanti ke depannya akan dibuat menjadi lapas medium security khusus pemuda yang di dalamnya ada pendidikan yang bekerja sama dengan Universitas untuk pelaksanaan Fakultas Hukum" "

May Rahmadi

Ditjen PAS: Ada Kampus Hukum bagi Narapidana di Lapas
Ilustrasi lapas. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), Kementerian Hukum dan HAM sedang mendesain pendidikan sarjana jurusan hukum bagi narapidana di lapas pemuda Tangerang, Banten.

Juru Bicara Ditjen PAS, Kementerian Hukum dan HAM, Rika Aprianti, kampus untuk para tahanan ini diberi nama 'Kampus Kehidupan' dan diperuntukkan bagi narapidana yang berusia di bawah 30 tahun dan telah mendapatkan beasiswa.

Kampus kehidupan ini bekerja sama dengan Universitas Islam Syekh Yusuf di Tangerang.

"Memang khusus, nanti ke depannya akan dibuat menjadi lapas medium security khusus pemuda yang di dalamnya adalah konsentrasi pada kegiatan pendidikan dan pelatihan. Dalam pendidikan itu salah satunya bekerja sama dengan universitas itu untuk pelaksanaan fakultas hukum," kata Rika kepada KBR, Senin (8/10/2018).


Seleksi penerimaan masuk Kampus Kehidupan ini telah dimulai sejak 2 Oktober lalu dengan awal perkuliahan direncanakan berlangsung pada 19 Oktober 2018. Pemerintah berharap ada narapidana yang menjadi pengacara setelah lulus dari Kampus Kehidupan ini.


Editor: Kurniati

  • Ditjen PAS
  • Kemenkum HAM
  • Fakultas Hukum
  • Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Kabupaten Tangerang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!