Direktur IMF Sebut Perang Dagang Gerus 1% PDB Global

"Kami memperkirakan kenaikan tensi dagang saat ini bisa menurunkan produk domestik bruto global 1 persen dalam dua tahun," kata Lagarde.

BERITA , NASIONAL

Sabtu, 13 Okt 2018 19:01 WIB

Author

Ria Apriyani

Direktur IMF Sebut Perang Dagang Gerus 1% PDB Global

Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) berbincang dengan Managing Director IMF Christine Lagarde (kanan) di sela rangkaian Pertemuan Tahunan IMF World Bank Group 2018, di BNDCC, Bali, Sabtu(13/10). (Foto: ANTARA/ Puspa P)

KBR, Jakarta - Direktur Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde menyebut ketegangan hubungan dagang dunia bisa menggerus produk domestik bruto (PDB) global sebesar 1 persen hingga tahun depan.

Saat ini, perekonomian dunia menurutnya serba tidak pasti. IMF bahkan memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global tahun ini dari 3,9 persen menjadi 3,7 persen.

"Kami memperkirakan kenaikan tensi dagang saat ini bisa menurunkan produk domestik bruto global 1 persen dalam dua tahun," kata Lagarde saat memberikan sambutan pada pleno rapat tahunan IMF-World Bank di Bali, Jumat (14/3/2018).

Bekas Menteri Keuangan Perancis itu mengajak seluruh negara bersatu menyelesaikan masalah tersebut. Sistem perdagangan global menurutnya harus lebih adil bagi semua negara.

Sejumlah negara juga masih harus menghadapi utang. Data IMF, sektor swasta berutang US$ 182 trililun atau 224 persen dari global. Angka ini terus naik sebelas tahun terakhir.

Baca juga:

Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Masyarakat Sipil Tolak Rencana Amandemen UUD 1945