BERITA

Pemerintah Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III 5,1 Persen

""Memang juga pertumbuhannya masih tumbuh dengan baik, tapi memang lebih kecil dari tahun lalu.""

Pemerintah Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III 5,1 Persen
Ilustrasi (sumber: Antara)


KBR, Jakarta- Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga 2016 sebesar 5,1 persen (year on year). Darmin mengatakan, faktor pendorong utama pertumbuhan ekonomi itu berasal dari realisasi investasi.

Kata dia, meski sektor perdagangan menurun, penanaman modal di Indonesia masih tinggi.

"Kuartal tiga, saya kok perkiraannya masih di 5,1 persen. (Pendorongnya apa?) Realisasi investasi. Kalau perdagangannya ya masih turun, tapi penurunannya lebih kecil. Ya penanaman modal, memang juga pertumbuhannya masih tumbuh dengan baik, tapi memang lebih kecil dari tahun lalu. Tapi realisasi dari investasi yang sudah ada, itu tidak sama lho, ada yang baru mau masuk," kata Darmin di kantornya, Senin (31/10/16).


Darmin mengatakan, pada kuartal pertama 2016, pertumbuhan ekonomi memang hanya 4,91 persen, karena musim panen padi yang mundur. Namun, kata dia, pertumbuhan mulai membaik pada kuartal kedua, karena mampu mencapai 5,18. Menurut Darmin, tren perbaikan pertumbuhan ekonomi akan berlanjut pada kuartal ketiga ini, karena realisasi investasi yang tumbuh positif.


Darmin berujar, realisasi yang terjadi pada kuartal ini merupakan hasil persetujuan dari tahun sebelumnya. Menurutnya, realisasi itu akan terus bertambah, karena kebanyakan investor baru merealisasikan komitmen investasinya di akhir tahun ini.


Pada kuartal ketiga ini, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengumumkan realisasi investasi asing dan dalam negeri sebesar Rp 155,3 triliun. Nilai itu lebih tinggi dibandingkan perolehan kuartal kedua yang hanya Rp 151,6 triliun dan kuartal I sebesar Rp 146,5 triliun.

Pertumbuhan realisasi investasi kuartal ketiga naik 10,7 persen, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara total investasi kumulatif sepanjang Januari hingga September tahun ini mencapai Rp 453,4 triliun, atau meningkat 13,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 


Editor: Rony Sitanggang

  • Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution
  • pertumbuhan ekonomi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!