BERITA

Menpan RB Usulkan Pembentukan Inspektorat Nasional yang Independen

"KBR, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengajukan draf konsep pengawas intern pemerintah independen."

Menpan RB Usulkan Pembentukan Inspektorat Nasional yang  Independen
Menpan RB Yuddy Chrisnandi (Sumber: Setkab)

KBR, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengajukan draf konsep pengawas intern pemerintah independen. Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi mengatakan, pihaknya mengusulkan pembentukan inspektorat nasional.

Kata dia, lembaga ini akan menunjuk dan menempatkan inspektorat di kementerian/lembaga hingga pemerintah daerah. Menurutnya selama ini pengawas intern pemerintah kerap tidak netral karena ditunjuk langsung oleh pejabat tinggi atau pejabat daerah.

"Ada inspektorat nasional lalu kemudian dia punya hubungan vertikal dengan inspektorat instansi pemerintah sebagai koordinatornya, tapi fungsi komandonya ke daerah provinsi, kabupaten dan kota. Sehingga yang jadi inspektorat daerah ini, dia tidak takut membuat sebuah area pengawasan yang lebih luas dan independen. Nggak takut misalnya besok dipindahin oleh gubernurnya. Karena dia nggak bisa dipindahin oleh gubernur, dia ditempatkan dari inspektorat nasional pusat," kata Yuddy di Kemenkeu, (22/10).


Yuddy Chrisnandi menambahkan, draf usulan ini bakal dibahas oleh sejumlah kementerian antara lain, Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan HAM, BPKP, Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet. Setelah dibahas, usulan bakal diajukan kepada presiden. Apabila disetujui, selanjutnya akan dilakukan harmonisasi dan disahkan. 


Editor: Rony Sitanggang

  • inspektorat independen
  • Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi
  • pengawas internal

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!