BERITA

Larang Peringatan Asyura, Walikota Bogor akan Digugat di PTUN

"Mereka juga berharap Menteri Dalam Negeri memberi teguran keras dan memberi sanksi tegas kepada Walikota karena melanggar konstitusi"

Larang Peringatan Asyura, Walikota Bogor akan Digugat di PTUN

KBR, Jakarta - Organization of Ahlulbayt for Socialsupport and Education (OASE) akan menggugat  ke PTUN atas keluarnya  Surat Edaran Walikota Bogor yang melarang pemeluk Syiah memperingati Asyura. Selain itu OASE juga akan mengadukan Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) kepada Kapolda Metro Jaya atas perkara Hate Speech atau Ujaran Kebencian yang menurut OASE dilakukan pada 25 Oktober 2015 di Masjid Al Barkah Matraman Jakarta. Ketua OASE Emilia Renita mengatakan bahwa mereka sebelumnya keberatan deklarasi kelompok itu.

"Kita pernah keluarkan surat untuk dilarangnya deklarasi ANNAS di Jakarta. Karena kalau sampai ini terjadi artinya apakah kami sebagai orang Syiah juga bisa Aliansi Nasional Anti Sunni misalnya? Nanti yang Kristen juga bisa bilang Aliansi Nasional Anti Islam. Dan ujungnya bisa juga kelompok kepercayaan bilang Aliansi Nasional Anti Agama Impor karena kita semua dasarnya orang-orang beragama di Hindu di Indonesia. Karena semua orang punya hak yang sama," ujar Emilia (28/10/2015)

Mereka juga berharap Menteri Dalam Negeri memberi teguran keras dan memberi sanksi tegas kepada Walikota karena melanggar konstitusi Negara Republik Indonesia khususnya pasal 28E ayat 1 dan 2, pasal 28I ayat 1 dan pasal 29 ayat 2 UUD 1945. Pasal tersebut berisi jaminan kebebasan setiap orang untuk bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya.

Sementara itu, Sekjen OASE Ferdi Irwandi mengungkap, sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Kapolri no. SE/6/X/2015 tentang Penanganan Ujaran Kebencian, mereka berharap dapat segera dilaksanakan. Di antaranya  dengan menangkap dan mengadili ANNAS. OASE menegaskan apabila tidak ditangani dengan efektif dan efisien, kegiatan sebagaimana dilakukan ANNAS akan berpotensi memunculkan konflik sosial.


  • peringatan asyura di bogor di
  • walikota Bogor Bima Arya
  • Organization of Ahlulbayt for Socialsupport and Education (OASE)
  • Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS)
  • Toleransi
  • Bogor
  • Asyura
  • intoleransi
  • petatoleransi_08Jawa Barat_merah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!