BERITA

Kebutuhan Gula Nasional Masih Kekurangan 2,5 Juta Ton

"Kebutuhan gula nasional pada tahun 2015 ini masih kekurangan 2,5 juta ton. Kebutuhan gula nasional mencapai 5 juta ton per tahun sementara produksi dalam negeri hanya 2,5 juta ton."

Kebutuhan Gula Nasional Masih Kekurangan 2,5 Juta Ton
Seorang pekerja mengangkut tebu hasil panen menggunakan traktor. (Foto: perkebunan.litbang.pertanian.go.id)

KBR, Banyuwangi - Kebutuhan gula nasional pada tahun 2015 ini masih kekurangan 2,5 juta ton. Kebutuhan gula nasional mencapai 5 juta ton per tahun sementara produksi dalam negeri hanya 2,5 juta ton.

Project Manager PTPN XII Arifin Said mengatakan, kebutuhan gula nasional itu untuk kebutuhan konsumsi langsung GKP (rumah tangga), industri makanan dan minuman dan kebutuhan industri MSG serta konsumsi industri khusus (farmasi dan lainnya).


Hingga September 2015 pabrik gula di Indonesia hanya mampu memproduksi 2,5 juta ton gula. Itu artinya, hanya 50 persen kebutuhan gula bisa terpenuhi dari dalam negeri. Sisanya, Indonesia terpaksa mengandalkan impor gula dari luar negeri.


"Karena itulah kadang- kadang pemerintah memutuskan untuk mengimpor gula mentah karena itu alasanya. Dari pada mengimpor gula mentah lebih baik menanam tebu dan membangun pabrik gula sendiri, dimulai dari pabrik gula Glenmore ini. Rencanya kan mau 10 pabrik gula," kata Arifin Said (5/10/2015).


Project Manager PTPN XII Arifin Said menambahkan, kekurangan kebutuhan gula nasional masih kurang banyak, karena minimnya tanaman tebu yang digunakan sebagai bahan baku utama pembuat gula.


Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku pembuat gula tanaman tebu di Indonesia harus mencapai 500 ribu hektare. Namun saat ini hal itu belum bisa terpenuh, sehingga produksi gula nasional sulit mememnuhi target yang dibutuhkan.


Untuk memenuhi kebutuhan gula nasional kata said, PTPN terus mendorong petani untuk mau menanam tebu. Selain itu, PTPN juga menargetkan akan membangun 10 pabrik gula di seluruh Indonesia.


Satu pabrik gula milik PTPN saat ini sudah dibangun di Kabupaten Banyuwangi. Pabrik gula yang dibangun di Perkebunan Kalirejo Banyuwangi Jawa Timur, itu nantinya diharapkan menjadi pabrik percontohan bagi 10 pabrik gula yang akan dibangun di seluruh Indonesia.


Editor: Agus Luqman 

  • produksi gula
  • Pabrik gula
  • kebutuhan gula nasional
  • PTPN
  • perkebunan
  • tebu
  • tanaman tebu
  • gula mentah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!