BERITA

Karhutla, Menkopolhukam: Tidak Mungkin Kita Padamkan 1 - 3 Minggu

Karhutla, Menkopolhukam:  Tidak Mungkin Kita Padamkan 1 - 3 Minggu
Ilustrasi (Sumber Setkab)

KBR, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Pandjaitan menyatakan pemadaman kebakaran hutan dan lahan tidak akan dilakukan hingga 1 atau 3 pekan mendatang. Menurut dia, pemadaman harus dilakukan bersamaan dengan datangnya hujan. Meski demikian, dia memastikan hingga saat ini usaha pemadaman baik melalui udara ataupun darat sudah dilakukan.

"Saya ulangi, kami paham betul masalahnya dan kami mengambil langkah-langkah untuk penanggulangan ini. Tapi bahwa, api ini bisa dipadamkan, saya ingin katakan pada anda, tidak akan mungkin kita padamkan 1-3 minggu ke depan. Karena kita harus bersama dengan hujan," ujar Luhut di Kantor Presiden Jakarta.


Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Pandjaitan menambahkan, selain fokus pada pemadaman kebakaran hutan dan lahan, pemerintah saat ini juga fokus pada operasi kemanusiaan.


"Sebelum operasi kemanusiaan atau paralel berjalan adalah bagaimana kita mengatasi ke depan karena El Nino ini bisa saja terjadi berkepanjangan. Saya ingat februari maret lalu, kita masih katakan El Nino tidak lama tapi sekarang El Nino ini lebih parah dari apa yang kita bayangkan," tambahnya.


Menkopolhukam juga memastikan telah menyiapkan 12 kapal perang dari TNI dan PT Pelni jika dilakukan evakuasi.


Editor: Rony Sitanggang

 

  • evakuasi korban
  • pemadaman karhutla
  • Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan
  • Luhut Pandjaitan
  • 12 kapal perang untuk evakuasi korban asap

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!