BMKG: Belum ada Potensi Hujan di Daerah Titik Panas di Sumatera

Potensi hujan di Sumatera diperkirakan terjadi di wilayah bagian utara.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 08 Okt 2015 21:28 WIB

Author

Sindu Dharmawan

BMKG: Belum ada Potensi Hujan di Daerah Titik Panas di Sumatera

Ilustrasi (BMKG)

KBR, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, belum ada potensi hujan di lokasi dengan banyak titik api di Pulau Sumatera. Seperti di Jambi, Riau, dan Sumatera Selatan. Prakirawan BMKG Pusat Hisbiawan mengatakan, potensi hujan di Sumatera, diperkirakan terjadi di wilayah bagian utara.

"Kalau untuk Sumatera tadi ada potensi nampaknya untuk di bagian utara. Untuk bagian utara Sumatera saja. Sedangkan untuk titik-titik apinya potensinya masih belum ada, seperti itu."

Hisbiawan menambahkan, jumlah titik panas masih cukup banyak sebarannya. Kata dia, jumlah titik api di Sumatera saat ini masih 177, dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen ada di Sumatera Selatan. Sedangkan di Kalimantan total ada 521 titik panas, tersebar di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, pemerintah berharap musim hujan segera datang agar pemadaman kebakaran hutan lebih mudah. Meski begitu, ketika musim hujan datang, presiden menginstruksikan agar upaya pemadaman lahan tidak berhenti. Terutama di lahan gambut.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Jaksa Agung Diminta Klarifikasi Pernyataan bahwa Tragedi Semanggi I-II Bukan Pelanggaran HAM Berat