BERITA

Bencana Asap, Kemenkes Minta Daerah Laporkan Kondisi Udara

"Kementerian Kesehatan meminta data Indeks Standar Pencemaran Udara ISPU di tiap kabupaten dilaporkan selama 24 jam, oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kota."

Eli Kamilah

Bencana Asap, Kemenkes Minta Daerah Laporkan Kondisi Udara
Ilustrasi (Foto: Koalisi Jambi Melawan Asap)

KBR, Jakarta - Kementerian Kesehatan meminta data Indeks Standar Pencemaran Udara ISPU di tiap kabupaten dilaporkan selama 24 jam, oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kota. Menteri Kesehatan, Nila Moeloek mengatakan, selain penentuan ISPU, Kemenkes juga meminta pemda membangun rumah singgah atau shelter bagi korban bencana asap.

Kemkes juga meminta rumah sakit di luar daerah terdampak asap mengirimkan bantuan tenaga medis dan bantuan obat-obatan.

“Surat edaran ini kita meminta dinas kabupaten kota memantau ISPU 24 jam, dan membuka shelter dengan ruangannya diatur, kondisi udara, menggunakan AC, penjernih udara dengan sirkulasi yang tertutup dan bisa dilakukan di kantor pertemuan di ruang pemda atau swasta.” Ujar Nila, Kamis (22/10).

Nila menambahkan Kemenkes menetapkan ISPU di atas 50 buruk bagi bayi jika berada di luar rumah. Sedangkan ISPU di atas 200 beresiko pada anak di bawah 12 tahun dan kelompok rentan. Sementara ISPU di atas 400 tidak boleh beraktivitas di luar ruangan.

Nila mengklaim  sudah melakukan berbagai upaya dalam mengatasi korban asap. Salah satunya dengan terus melakukan mobilisasi tenaga medis ke beberapa titik dengan kelompok rentan asap terbanyak.


Editor: Rony Sitanggang

 

  • bencana asap
  • Menteri Kesehatan
  • Nila Moeloek
  • laporkan Indeks Standar Pencemaran Udara ISPU
  • bantuan tenaga medis
  • bantuan obat-obatan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!