BERITA

Bantuan Asing, Tinggal Pesawat Rusia yang Padamkan Api

"Pesawat negara lain sudah ditarik karena berbagai alasan."

Eli Kamilah

Bantuan Asing, Tinggal Pesawat Rusia yang Padamkan Api
Ilustrasi (Foto: www.setkab.go.id)

KBR, Jakarta- Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB mencatat hingga saat ini sudah menyewa 19 pesawat negara asing untuk membantu padamkan kebakaran lahan dan hutan di sejumlah wilayah. Juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan tinggal dua pesawat Rusia yang masih beroperasi di Sumatera Selatan. Ujarnya, pesawat-pesawat negara lain ditarik karena sejumlah alasan, salah satunya untuk memadamkan api yang juga muncul di negara mereka.

"Negara asing tinggal Rusia saja. Jadi Australia, Malaysia, Singapura sudah pulang. Dari Rusia dua pesawat juga kita bayarin, Sinar Mas yang bayarin itu, masih beroperasi di Sumsel," ujarnya saat diwawancarai KBR, Sabtu (24/10).

Sutopo menambahkan untuk kondisi kabut asap terparah saat ini berada di Kalimantan Tengah. Hingga sore ini, jarak pandang di sana rata-rata berada dikisaran 100 meter. Kualitas udara di Kalteng bahkan sudah diatas 3000.

Editor: Dimas Rizky

  • lingkungan hidup
  • kabut asap
  • kebakaran hutan dan lahan
  • pesawat
  • BNPB
  • berita

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!