BERITA

Anggaran Pencegahan Karhutla Tahun Depan Diusulkan 4,8 Triliun

"Anggaran itu hanya untuk pencegahan kebakaran lahan dan hutan serta upaya pemulihan."

Eli Kamilah

Anggaran Pencegahan Karhutla Tahun Depan Diusulkan 4,8 Triliun
Ilustrasi: Karhutla di OKI, Sumsel (Sumber: BNPB)

KBR, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengusulkan anggaran sebesar 4,8 triliun rupiah dalam RAPBN 2016. Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan anggaran itu hanya untuk pencegahan kebakaran lahan dan hutan serta upaya pemulihan. Menurut Siti, anggaran untuk pencegahan akan lebih besar satu triliunan dari anggaran pemulihan.


"Saya memang diperintahkan oleh bapak presiden lakukan pencegahan dari sekarang. Itu sebabnya di kajian kita dari litbang semua alokasikan, untuk mendapatkan langkah-langkahnya. Untuk pencegahan 2,9 triliun ada kebutuhan tambahan, untuk pemulihannya 1,9 triliun. Itu baru kami usulkan nanti." Ujar Siti Nurbaya, Kamis (29/10).


Siti menambahkan saat ini  kementeriannya tengah mempersiapkan upaya perlindungan gambut. Mulai dari struktur kajiannya, hingga skema pelaksanaan peta-peta perlindungan gambut oleh daerah. Aturan soal perlindungan gambut bagi dunia usaha juga tengah dipersiapkan.

Editor: Rony Sitanggang


 

  • anggaran penanganan karhutla 4
  • 8 triliun
  • Menteri LHK Siti Nurbaya
  • anggaran pemulihan 1
  • 9 triliun

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!