BERITA

Australia-Filipina Bahas Pemindahan Pencari Suaka

"Selama ini para pencari suaka itu ditahan di penampungan di pulau-pulau terpencil di sekitar Australia. "

  Australia-Filipina Bahas Pemindahan Pencari Suaka

KBR - Australia bernegosiasi dengan Filipina untuk memindahkan para pencari suaka. Selama ini para pencari suaka itu ditahan di penampungan di pulau-pulau terpencil di sekitar Australia.

Pemerintah Australia bertekad menghentikan para pencari suaka mencapai daratan benua Australia. Australia mengalihkan kapal pencari suaka ke penampungan-penampungan di Papua Nugini atau pulau Nauru di Samudra Pasifik. Namun kemah-kemah tersebut kondisinya buruk, bahkan dilaporkan ada kekerasan terhadap anak.

Kondisi ini telah mengundang kritik keras dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dan kelompok Hak Asasi Manusia. Karenanya, mereka akan segera dipindahkan. Australia pernah sepakat dengan Kamboja untuk memindahkan pencari suaka dari Papua Nugini, dengan iming-iming dana bantuan. Namun usaha itu gagal karena Kamboja hanya menerima 4 encari suaka dari total ratusan orang.

Pencari suaka menjadi masalah politik di Australia meski jumlahnya tidak sebanyak yang datang ke Eropa saat ini. Para pencari suaka kabur dari negaranya yang berkonflik di Timur Tengah dan Afrika Utara. (Channel News Asia) 

  • Australia
  • pencari suaka
  • Filipina

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!