YLBHI: Penyegelan Mesjid Ahmadiyah di Depok Ingkari Konstitusi

Pemkot Depok tak pahami isi konstitusi.

NASIONAL

Sabtu, 04 Okt 2014 17:46 WIB

Author

Citra Dyah Prastuti

YLBHI: Penyegelan Mesjid Ahmadiyah di Depok Ingkari Konstitusi

Ahmadiyah, Depok, penyegelan masjid

KBR, Jakarta – Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) menilai penyegelan terhadap  Masjid Al Hidaya milik Jemaah Ahmadiyah di Sawangan, Depok, sebagai bentuk pengingkaran terhadap konstitusi. 


Ini adalah penyegelan ketiga yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Depok Nina Suzana beralasan, masjid tersebut masih dipakai untuk beribadah bagi Jemaah Ahmadiyah, juga direnovasi. 


Menurut Koordinator Advokasi Sipil Politik YLBHI Mochamad Ainul Yaqin, hal ini telah mengingkari Konstitusi, khususnya pasal 28E ayat 1 dan pasal 29 ayat 2. Pemerintah Kota Depok dianggap tidak memahami isi pasal tersebut dengan menyegel masjid tersebut. 


Pasal 28E ayat 1 berbunyi: “Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali.” Sementara Pasal 29 ayat 2 berbunyi: “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu” 


Bagi YLBHI, penyegelan masjid adalah bentuk kesewenang-wenangan dari Pemerintah Kota Depok sekaligus perlawanan terhadap Konstitusi. YLBHI mendesak Pemkot Bogor untuk segera membuka segel mesjid tersebut. 


Baca juga: Kemenag Bakal Periksa Penyegelan Masjid Ahmadiyah Depok 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Vaksinasi Covid-19 dan Ancaman Hoaks

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Bencana Kala Pandemi dan Kesiapan Fasilitas Kesehatan

Kabar Baru Jam 10