Sistem Paket Ketua MPR Digugat ke MK

Dengan sistem paket, sejumlah fraksi kehilangan haknya untuk duduk di kursi Ketua MPR.

NASIONAL

Sabtu, 04 Okt 2014 17:59 WIB

Author

Ade Irmansyah

Sistem Paket Ketua MPR Digugat ke MK

UU MD3, Ketua MPR

KBR, Jakarta - Koalisi Indonesia Hebat kembali mengajukan uji materi terkait penggunaan sistem paket dalam pemilihan Ketua MPR dalam UU MD3. 


Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Ahmad Basara mengatakan, sistem paket ini menyebabkan sejumlah fraksi yang memiliki kursi di DPR kehilangan haknya. Dia berharap Mahkamah Konstitusi bisa segera menggelar rapat permusyawaratan hakim untuk menentukan gugatan tersebut.


“Semangat kami tetaplah mengedepankan semangat musyawarah mufakat, semangat persaudaraan, semangat menjaga kedaulatan rakyat, dan lebih spesifik lagi semangat menjaga wibawa dan marwah MPR sebagai lembaga permusyawaratan bangsa Indonesia,” jelas Ahmad Basara. 


“Kami berharap bahwa sebelum MPR bersidang bahwa MK telah mengambil keputusan yang strategis. Selanjutnya kami juga beharap dengan putusan MK tersebut maka medaulatan masing-masing anggota MPR untuk memilih sendiri pimpinannya dapat diwujudkan.”.


MK diharapkan segera memberikan putusan sela pada Senin lusa. Dengan putusan sela ini, pemilihan pimpinan MPR bisa ditunda. 


Editor: Citra Dyah Prastuti 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Izin Keruk Harta Karun RI

Kabar Baru Jam 8

Mama 'AB': Mengikat Yang Tercerai

Gelar Konser Musik dan Seni Pertunjukan Offline. Apa Sudah Memungkinkan?