NASIONAL

Pilkada 2016 Akan Dimasukan Pilkada Serentak

"Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempertimbangkan bakal memasukkan pemilukada 2016 dalam pemilukada serentak tahun depan."

Pilkada 2016 Akan Dimasukan Pilkada Serentak
pilkada serentak

KBR, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU)  mempertimbangkan  bakal memasukkan pemilukada 2016 dalam pemilukada serentak tahun depan.


Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, peluang itu akan diambil jika diperkirakan lebih hemat biaya. Pemilukada serentak itu juga akan mencakup 16 daerah pemekaran baru.


"Mungkin juga nanti yang AMJ-nya awal 2016 jika itu juga dianggap bisa mengefisienkan dan mengefektifkan penyelenggaraan pilkada, maka bisa ditarik pemilu serentak di bulan Septemeber 2015," kata Husni Kamil Manik di kantornya, Jumat (10/10).


Husni Kamil Manik menambahkan, KPU rencananya akan menuntaskan Peraturan KPU tentang Pemilukada akhir tahun ini.


Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang untuk mengembalikan pemilukada langsung pada rakyat. 


Perppu itu memerintahkan KPU menyelenggarakan pemilukada serentak tahun depan. Diperkirakan ada 400an pemilukada digelar pada hari yang sama di September 2015.


Editor: Antonius Eko 

  • pilkada serentak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!