Pengamat: Ada Skenario Politik Munculnya Kelompok Bersenjata di Aceh

Pengamat Politik dan Hukum dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam M Adli Abdullah menyebutkan ada skenario politik di balik munculnya kelompok bersenjata di Aceh.

NASIONAL

Minggu, 12 Okt 2014 11:35 WIB

Author

Eli Kamilah

Pengamat: Ada Skenario Politik Munculnya Kelompok Bersenjata di Aceh

gam, senjata, kelompok

KBR, Jakarta- Pengamat Politik dan Hukum dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam M Adli Abdullah menyebutkan ada skenario politik di balik munculnya kelompok bersenjata di Aceh.

Skenario itu, kata Adli menginginkan konflik di bumi Serambi Mekah itu kembali memanas, termasuk mengusik proses perdamaian yang sedang berjalan. Dia juga mencurigai suhu politik di Jakarta jadi pemicu konflik di daerah, termasuk Aceh.

"Ini politik Aceh tak terlepas dari politik Jakarta. Di Aceh ini seperti ada yang memainkan skenario. Karena kalau dilihat yang memimpin gerakan ini sudah menandatangani perjanjian damai semua. Jadi ini ada semacam pengkondisian seolah-olah Aceh tak aman."


Pengamat Politik dan Hukum Unsyiah Darussalam, Adli Abdullah menambahkan pemerintah harus mengusut tuntas munculnya gerakan bersenjata itu.

Sebelumnya, sekelompok orang bersenjata yang mengaku sebagai bekas kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), unjuk diri sambil mengungkap keterlibatan mereka dalam serangkaian aksi kriminal di Aceh Timur.

Kelompok bersenjata yang dipimpin Nurdin bin Ismail Amat Alias Abu Minimi tersebut memberikan pernyataan pers di satu tempat persembunyian mereka di kawasan Aceh Timur, Jumat kemarin. Nurdin mengaku memiliki markas di seluruh Aceh dan siap melawan Pemerintah Aceh termasuk dengan cara melumpuhkan perekonomian.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Menteri Nadiem Makarim Diminta Kaji Ulang Kebijakan Kampus Merdeka